KOTA SUKABUMI

Musim Hujan, Tukang Sumur Panen Order

CIKOLE– Meskipun terbilang masih musim hujan, namun orderan tukang sumur bor masih ramai. Apalagi selama bulan Ramadan hingga saat ini masih ada saja warga yang membutuhkan keahliannya mendapatkan air bersih. “Alhamdulillah selama bulan puasa kemarin orderan untuk pembuatan sumur bor agak lumayan,”kata Darmi saat membuat sumur bor di Perum Nirwana Graha (PNG), Kelurahan Dayeuh luhur Kecamatan Warudoyong, Rabu (27/5).

Dikatakannya, selama satu bulan kemarin itu diakuinya sudah menggali sumur bor sebanyak enam titik di beberapa daerah, seperti Baros, Sukaraja, Rawasalak dan Lembursitu. ” Di cuaca yang tidak menentu ini, alhamdulillah masih ada orderan. Padahal belum musim kemarau,” katanya.

Darmi dibantu dua rekannya hanya butuh waktu hari bisa membereskan 10 meter untuk satu titik sumur bor, semua tergantung lokasi yang tidak terlalu banyak batu saat membuat sumur bor. Peralatan yang dimiliki Darmi dan tim terbilang manual karena ada juga tukang sumur bor yang menggunakan mesin tidak ramah lingkungan.
“Peralatan yang saya miliki ramah lingkungan tidak berisik dan tidak terlalu kotor lingkungan, karena peralatan manual, banyak masyarakat yang masih berminat dengan keahlian kami untuk mendapatkan air bersih,”ujarnya.

Dikatakannya, untuk upah operasional itu berdasarkan lokasi. Namun biasanya mematok harga Rp250 ribu/meter, dan kebanyakan cukup 8-10 meter air bersih . Bagi warga sekitar Kota Sukabumi hingga perbatasan Kabupaten Sukabumi, yang membutuhkan jasa Darmi bisa mendatangi kediamannya di Kampung Cikapek RW 10 Kelurahan Dayeuh luhur, Kecamatan Warudoyong. “Kalau masalah harga upah sebenarnya masih bisa nego, kami lihat jarak dan kondisi tanah juga. Kepuasan pelanggan kami jaga sampai dapat air bersih dan layak untuk di minum,”pungkasnya. (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button