Mahasiswa Sukabumi yang Salah Bacakan Pancasila Minta Maaf

Aksi unjuk rasa
POTONGAN VIDEO: Aksi unjuk rasa yang terjadi di Kota Sukabumi sempat viral di dunia maya, lantaran salah seorang mahasiswa salah membacakan pancasila.

SUKABUMI— Aksi unjuk rasa yang terjadi di Kota Sukabumi sempat menghebohkan dunia maya, belum lama ini. Bahkan beberapa penggiat media sosial pun turut mengomentari aksi tersebut.

Ya, bukan karena aksi yang terjadi hingga larut malam, namun viralnya aksi unjuk rasa di Sukabumi lantaran ada salah seorang orator salah mengucapkan pancasila pada bait ketiga.

Bacaan Lainnya

Ironisnya, orator tersebut merupakan salah seorang mahasiswa yang mengenyam pendidikannya di Kota Sukabumi.

Di mana, dari potongan video berdurasi 54 detik itu, seorang mahasiswa yang diketahui berinisial M, salah mengucapkan pancasila bait ketiga menjadi bait kelima.

Sempat dikoreksi oleh para peserta demonstran lain, namun M kembali salah menyebut bait ke empat menjadi bait ke lima kembali. Sontak hal itu membuat gemuruh dan gelak tawa di lokasi aksi atau tepatnya di tugu Adipura Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.

Dikonfirmasi, M mengaku gugup sehingga lupa saat mengucapkan pancasila dari bait ke bait.

“Bukan tidak hafal tapi lupa dikarenakan situasinya pada saat itu sedang panas. Saya mengucapkan permohonan maaf apabila ada kesalahan pengucapan pancasila,” ujar mahasiswa berinisial M itu kepada Radar Sukabumi Saat dihubungi Minggu (17/4).

“Dalam kondisi aksi yang sangat membludak, saya dalam kondisi kurang sehat dengan masa begitu banyak dan psikologis masa juga sudah mulai tidak terkontrol,” kilahnya kembali.

Menurut dia, mungkin pada saat itu tidak hanya dirinya melainkan semua juga bisa merasakan bagaimana tensinya masa aksi sedang tinggi.

“Saya rasa semua korlap merasakan hal yang sama. Terkait pembacaan Pancasila, bukan tidak hafal, akan tetapi kacaletot bahasa Sundana mah,” tandasnya. (cr1/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.