Lapas Sukabumi Optimalkan Apilikasi Silapsmi

Christo Victor Nixon Toar
Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Victor Nixon Toar saat diwawnacara Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Kamis (27/1).  FT: BAMBANG/RADARSUKABUMI

WARUDOYONG — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi, bakal mengoptimalkan inovasi Sistem Informasi Layanan Lapas Sukabumi (Silapsmi).

Hal ini, sebagai upaya mengejar capaian zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Victor Nixon Toar menjelaskan, Silapsmi ini merupakan layanan untuk masyarakat yang dapat diakses melalui aplikasi.

“Di Dalam aplikasi Silapsmi ini masyarakat bisa menemukan segala kegiatan, program Lapas, hak dan kewajiban warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Misalnya saja, pembebasan bersyarat, remisi, asimilasi rumah dan lain sebagainya,” kata Christo saat disambangi Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Kamis (27/1).

Tak hanya itu, sambung Christo, selain dapat menampung pengaduan masyarakat apilikasi Silapsmi ini juga masyarakat dapat memesan hasil karya WBP dan semua jenis barang dan harganya tertera di apilikasi tersebut.

“Sebetulnya inovasi Silapsmi ini diluncurkan sejak 2020 lalu dan saat ini kami akan berupaya lebih mengoptimalkannya,” paparnya.

Christo membeberkan, pada 2021 Lapas Kelas IIB Sukabumi mendapatkan penghargaan dari Inspektorat Jenderal Pemasyarakatan terkait WBK lantaran beberapa dokumen dan kegiatan pelayanan dianggap sudah baik sehingga bisa memenuhi kriteria untuk menuju WBK.

“Tapi di tahun kemarin kami untuk secara nasional belum bisa mendapatkan predikat WBK dan tahun ini kami akan berupaya untuk mempersiapkan seluruh dokumen, sarana dan prasarana maupun kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian dari ZI menuju WBK,” bebernya.

Tidak dipungkiri, sambung Christo, sejauh ini aplikasi Silapsmi ini masih mengalami kendala salah satunya sering terjadi down.

Sebab itu, pada tahun ini akan lebih dimaksimalkan dan ditingkatkan kembali. “Memang pada tahun kemarin Silapsmi ini sering down ketika masyarakat mengaksesnya.

Nah, di awal tahun akan coba diperbaiki agar tidak sering down. Kami harap dengan berbagai upaya yang dilakukan bisa membuahkan hasil yang signifikan,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.