KPU Kota Sukabumi Perpanjang Pendaftaran Calon PPS

Ratna Istianah
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kota Sukabumi Ratna Istianah

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi memperpanjang pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Hal itu sesuai dengan surat keputusan KPU RI Nomor 534/2022. Hingga saat ini, tercatat ada 428 yang mendaftar melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba), Minggu (25/12).

Bacaan Lainnya

Diketahui, pendaftaran calon PPS pada Pemilu serentak tahun 2024 itu dibuka dari 18 hingga 27 Desember 2022. Namun saat ini pendaftarannya diperpanjang hingga 30 Desember 2022.

“Ya, untuk penerimaan pendaftaram PPS ini jadi diperpanjang sampai 30 Desember 2022, Karena sesuai intruksi atau arahan dari KPU RI.

Untuk tahapannya saat ini kita masih penerimaan berkas, dan penerimaan pendaftaran via Siakba, serta berkas fisik ke kantor KPU,” ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah, kepada Radar Sukabumi, Minggu (25/12).

Setelah berakhirnya pendaftaran calon PPS, Ratna menambahkan, pihaknya akan mengumumkan hasil penelitian administrasi calon anggota PPS pada 3 Januari 2023.

“Jadi nanti calon anggota PPS yang berhasil lolos pengecekan adminisrasi, akan masuk ketahap berikutnya yaitu sleksi tes secara tertulis,” terangnya.

Ratna menjelaskan, adapun tes secara tertulis, ssesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU RI itu pada Januari 2023.

“Dan nantinya tes tertulis tidak dilakukan secara manual lagi, namun akan secara Computer Assisted Test (CAT), kemudian itu sesuai intruksi dari KPU RI,” jelasnya.

Dibandingkan seleksi calon PPS pada Pemilu sebelumnya, lanjut Ratna, Pemilu pada tahun 2019 itu peningkatannya sangat signifikan. Tahun sekarang tercatat sudah diangka 428 yang mendaftar menjadi calon PPS. Kendati demikian, sebut Ratna, hingga 30 Desember 2022 jumlah pendaftar akan meningkatkat.

“Perbandingan seleksi PPS di tahun sebelumnya dengan sekarang memang jelas peningkatannya. Mungkin nanti pendaftaran selesai, akan melebihi diangka 500, karena sekarang pun baru pertengahan sudah sampai 400,” pungkasnya. (Cr4)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *