KOTA SUKABUMI

Kelembagaan BPBD Harus Diperkuat

RADARSUKABUMI.com – CIKOLE- Pemerintah Kota Sukabumi akan memperkuat kelembagaan, anggaran hingga personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal itu dilakukan, sebagai salah satu upaya percepatan penanggulangan bencana yang semakin sering menimpa Kota Sukabumi.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Hamami mengungkapkan, untuk memperkuat percepatan penanggulangan bencana dan pasca bencana, perlunya penguatan manajemen kebencanan. Salah satunya dengan memperkuat secara kelembagaan, anggaran hingga personel BPBD Kota Sukabumni.

“BPBD seharusnya lembaganya ini ditingkatkan setara dengan eselon 2 agar kuat dan anggarannya juga harus diperhatikan untuk mempercepat akselerasi pelayanan bencana, ” jelas Andri dalam rapat koordinasi kebencanaan, kemarin (18/1).

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan mengungkapkan, secara kelembagaan saat ini instansi yang dipimpinnya memiliki 53 personil. Diantaranya, 32 personil pemadam kebakaran, enam penanggulangan dan bencana serta sisanya dibagian administrasi.

“Secara kelembagaan, anggaran maupun personel memang kami cukup terbatas. Teruta petugas penanggulangan bencana diluar kebakaran. Maka dari itu, kami menyambut baik apa yang telah direncanakan oleh pimpinan daerah,” sebutnya.

Dalam penanganan bencana, lanjut Asep, BPBD terkadang mengalami kendala terutama dari sisi personel dan anggaran. Namun begitu, selama ini hal tersebut tidak menjadi alasannya untu terus melayani masyarakat, terutama korban terdampak bencana.

1 2Laman berikutnya
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button