Keberadaan Jalur Sepeda Masih Parsial

SUKABUMI – Keberadaan jalur khusus untuk sepeda di wilayah Kota Sukabumi masih terlihat parsial atau masih setengah hati dalam penataannya.

Hal ini terlihat dari pemasangan rambu khusus untuk sepeda itu tidak dibarengi dengan pembuatan jalannya. Bahkan, pemasang rambu jalur sepeda itu dilakukan hanya di beberapa ruas jalan saja yang berada di pusat Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Seperti di Kota Sukabumi dan masuk ke Jalan Suryakencana. Yang terpasang hanya tiga rambu saja. Di Jalan Veteran II depan Kantor MUI yang terpasang hanya satu dan dekat Kantor Dispora terpasang dua rambu sepeda.

“Pemasangnnya, baru rambu-rambunya saja. Sedangkan treknya masih belum dibuat. Jadi pembangunannya tidak berbarengan,” ungkap Ketua Pemuda Peduli Lingkungan Sukabumi (PPLS), Taufik Kurohman kepada Radar Sukabumi, Selasa (12/9).

Menurut Taufik yang juga gemar olahraga sepedah menyebutkan, dirinya paling tidak mengerti soal rambu sepeda yang dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi terkesan tidak memiliki jalur yang pasti.

Artinya, pemasangan rambu untuk jalur sepeda itu tidak jelas mau kemana arahnya. “Di sana ada rambu sepedanya, di sini juga ada. Tapi tidak nyambung atau tidak jadi satu jalur sepeda dari a sampai ke z gitu. Coba saja lihat,” kritiknya.

KHUSUS: Keberadaan rambu khsusus sepeda yang tidak dibarengi dengan pembuatan jalur sepedanya di Jalan Suryakencana Kota Sukabumi,

Taufik mengaku, dirinya tidak mengetahui pemasangan rambu sepeda itu masih dalam tahapan pekerjaan atau bagaimana. Tapi yang jelas, sebagai pencinta olahraga sepeda di pusat Kota Sukabumi. Dirinya sangat bersyukur dapat difasilitasi Pemkot Sukabumi untuk keberadaan jalur khusu untuk pengendara sepeda.

“Saya mengharapkan rambu sepeda itu dipasang di jalur khusus sepeda. Karna, untuk keselamatan para pengendara sepeda,” katanya.

Ia berharap, tahapan pembangunan maupun pemasangan rambu sepeda dan jalur khsus sepeda itu bisa diselesaikan oleh pihak Dishub Kota Sukabumi diakhir tahun ini. Lantaran, jalur sepeda yang kini dibuat parsial tidak dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat. Seperti halnya, jalur sepeda yang berada di Jalan R Syamsudin.

“Kalau sudah selesai dan rute khusus sepeda itu jelas, insya Allah bisa bermanfaat. Karena jalur sepedanya sudah terhubung dengan semua jalan yang dapat digunakan oleh para pencinta sepeda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman membenarkan jika pemasangan rambu jalur khusus sepeda sepeda di wilayah Kota Sukabumi dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, keterbatasan anggaran menjadi kendala utama pada intansinya untuk mewujudkan harapan pencinta olahraga sepeda untuk memiliki jalur khsusus.

“Pemasangan ini (Rambu, red) kan bertahap, termasuk pembuatan jalurnya juga. Meskipun bertahap, jalur khusus sepeda ini insya Allah akan kita selesaikan sesuai dengan anggaran yang ada,” terangnya. (Cr5/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.