Jelang Nataru, Polres Sukabumi Kota Siapkan Strategi Jitu

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin
Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin saat mengecek persiapan personel saat Apel Persiapan di Eks Terminal Sudirman, Kecamatan Warudoyong, Rabu (7/12).

WARUDOYONG -Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Sukabumi Kota menggelar apel kesiapan kendaraan dinas di Eks Terminal Jalan Sudirman, Kecamatan Warudoyong, (7/12).

Apel kesiapan kendaraan dinas tersebut, merupakan salah satu upaya Polres Sukabumi Kota dalam memenuhi asta siap di setiap pelaksanaan operasi Kepolisian.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan upaya kami untuk mempersiapkan operasi pengamanan Nataru bisa berjalan dengan lancar. Kegiatan ini, kami lakukan sebagai pelaksanaan dari Asta siap yang diatur dalam setiap ada kegiatan operasi Kepolisian,” ungkap Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin kepada Radar Sukabumi, Rabu (7/12).

Dalam apel kesiapan kendaraan dinas, lanjut Zqinal, diikuti lebih dari 56 kendaraan yang terdiri dari 20 unit mobil patroli Quick Respons, 11 unit sepeda motor, 1 unit mobil INAFIS, 1 unit mobil Kedokteran dan Kesehatan, 12 unit mobil Satlantas dan 11 unit sepeda motor Satlantas.

“Dari hasil pengecekan, alhamdulilah seluruh kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Adapun, beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan terkait dengan kebersihan saja dan sisanya dinyatakan bahwa kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan Nataru maupun liburan di akhir tahun ini,” ujarnya.

Disinggung soal persiapan operasi Lilin Lodaya 2022, Polres Sukabumi Kota terus melaksanakan berbagai kesiapan, baik personel maupun kendaraan dinas sebagai salah satu pendukung tugas operasional.

“Kami telah mempersiapkan sebanyak hampir dua pertiga perkuatan Polres Sukabumi Kota untuk mendukung operasi,” paparnya.

Zainal menjelaskan, pelaksanaan operasi Lilin Lodaya merupakan salah satu operasi kemanusiaan yang dilaksanakan secara gabungan oleh Polri, TNI, BPBD maupun instansi terkait lainnya, khususnya dalam menghadapi cuaca yang cukup ekstrem di akhir tahun. “Kami lakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak BPBD baik di Kota maupun Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Tak hanya itu, Polres juga mempersiapkan sejumlah strategi untuk mencegah kepadatan arus lalu lintas selama operasi Lilin Lodaya berlangsung. Selain mempersiapkan jalur alternatif, juga akan menggelar seluruh personelnya untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan lalu lintas.

“Berbagai rencana kami terkait dengan rekayasa arus lalu lintas sudah kami persiapkan, tinggal bagaimana nanti hasil pengecekan terakhir sehingga pola kegiatan pengamanan terhadap kerawanana lalu lintas tersebut dapat kami atasi pada saat kegiatan operasi ini berjalan,” bebernya.

Terkait jalur alternatif, sambung Zainal, Polres memberdayakan Jalur Lingkar Selatan yang sangat efektif, mulai dari Cibolang sampai Selakaso untuk mengantisipasi dan mengurai kepadatan di wilayah kota.

“Kami siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru termasuk juga yang akan melaksanakan liburan di akhir tahun,” pungkasnya. (bam)

AKBP SY Zainal Abidin
Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin

Pos terkait