Diterjang Angin Kencang, Dua Pohon Tumbang

SUKABUMI — Dua pohon di Jalan Cijambe, Kampung Bantar Panjang RT (01/09) Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong dan Jalan Merbabu, Kampung Garung RT (01/07) Kecamatan Gunungpuyuh tumbang, Selasa (8/12).

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, insiden terjadi sekira pukul 12:26 WIB, saat daerah tersebut diterjang angin kencang. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Bacaan Lainnya

“Korban jiwa tidak ada. Jenis pohon yang di Kampung Garung jenis pohon jengjeng dengan diameter 30 Centimeter dan pohon mindi dengan diameter 15 Centimeter,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Imran Wardani kepada Radar Sukabumi, Selasa (8/12).

Lanjut Imran, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat petugas langsung melakukan pengecekan dan evakuasi pohon tumbang tersebut karena menghambat arus lalu lintas. “Petugas saat ini sudah selesai melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut agar tidak menghambat pengendara yang melintas,” ujarnya.

Menurut Imran, terdapat beberapa daerah yang rawan cuaca ekstrim diantaranya, Kecamatan Cikole, Gunungpuyuh dan Kecamatam Warudoyong. “Ya, paling tinggi berada di Kecamatan Cikole karena berbagai macam karakteristik ada. Menghadapi fenomena siklon ini kami menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan memastikan mitigas bencana. Jika terjadi bencana, kami minta masyarakat segera melaporkan kepada kami,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Adil Budiman memaparkan, DLH menyiapkan petugas untuk melakukan evakuasi pohon tumbang. Selain itu, juga melakukan pemangkasan pohon yang dianggap rawan tumbang.

“Kalau daerah rawan pohon tumbang tidak bisa diprediksi tergantung curah hujan juga, kalau yang diperkotaan sudah dilakukan pemangkasan. Apabila curah hujan dan angin besar, ya pohon yang dianggap aman juga bisa tumbang,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait