Dishub Kota Sukabumi Klaim Retribusi KIR Periode Januari-Mei Capai 50 Persen

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman
Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman

SUKABUMI— Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengklaim, capaian terget retribusi yang bersumber dari uji KIR kendaraan meningkat. Dari Januari hingga Mei 2022, retribusi dari KIR ini sudah mencapai Rp 383.767.500.

“Targetnya, tahun 2022 ini retribusi yang bersumber dari KIR itu sebesar Rp767.535.000. Artinya capaian dari Januari sampai Mei 2022 sudah mencapai 50 persen,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Abdul menegaskan, setiap tahun target retribusi KIR selalu tercapai, bahkan melebih target yang sudah ditetapkan. Dia mengaku optimis tahun ini pun akan melebihi target juga. “Ini terbukti dari pencapaian target setiap tahunnya yang terus mengalami peningkatan, makanya untuk tahun ini juga kita optimis,” jelasnya.

Lanjut Abdul, KIR kendaraan ini wajib dilakukan setiap pemilik kendaraan, salah satunya untuk menekan kecelakaan lalu lintas. Sehingga, kendaraan yang sudah melakukan uji KIR tentunya sudah layak untuk beroperasi.

“Jika kendaraan mengalami kerusakan, maka dalam uji KIR tidak akan diluluskan sebelum pemilik kendaraan itu diganti komponen yang dianggap tidak layaknya,” paparnya.

Di sisi lain, pihaknya juga berencana akan memindahkan gedung uji KIR ke tempat yang baru, tepatnya di Jalan Baros, Kampung Nangela, Kelurahan/Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Namun sampai saat ini masih ada kendala dan belum selesai. “Targetnya akhir tahun 2022 ini bisa selesai pembangunan gedung itu, dan mudah-mudahan tidak ada kendala lagi,” harapnya.

Adapun anggaran yang disiapkan untuk pembangunan gedung tersebut, yaitu Rp900 juta. Dengan adanya gedung KIR baru, kedepan pelayanan dapat lebih optimal dan bisa mempermudah masyarakat yang hendak uji KIR kendaraan.

“Kami akan terus berinovasi dan berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jauh lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya (cr1).

Dishub Kota Sukabumi
Petugas Dishub Kota Sukabumi saat melakukan pengecekan kendaraan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar