Cek Data Pemilih, KPU Kota Sukabumi Sediakan Layanan Aplikasi Berbasis WA

  • Whatsapp
KPU Kota Sukabumi
Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Hasyim Asy’ari mengunjungi KPU Kota Sukabumi.

CIKOLE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi membuat inovasi baru dalam mempermudah sistem pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Kali ini, KPU membuka layanan berbasis aplikasi perpesanan whatsapp assistant untuk mengecek masyarakat sudah terdaftar atau belum dalam data pemilih berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat bisa mencari tahu datanya sudah terdaftar atau belum kedalam daftar pemilih. Dengan mengirim pesan melalui aplikasi whatsapp, setelah itu akan muncul balasan otomatis yang menyediakan menu,” ujarnya.

Harlan mengatakan, pengiriman pesan disertai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Maka, nanti akan ada balasan apakah NIK tersebut sudah masuk daftar pemilih atau belum.

“Caranya sangat mudah sekali. Inovasi ini untuk memudahkan masyarakat,” katanya.

Sementara itu untuk, jumlah daftar pemilih per Bulan September 2021 sebanyak 238.011 pemilih.

Kehadiran inovasi whatsapp assistant tersebut mendapat apresiasi dari KPU RI. Bahkan, sejumlah komisioner dari KPU RI pun turun langsung ke Kota Sukabumi untuk memonitor keberadaan inovasi tersebut.

“Ini luar biasa, dengan adanya layanan tersebut pemutakhiran data pemilih di Kota Sukabumi menjadi semakin mudah,”ujar Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Hasyim Asy’ari, saat kunjungannya ke KPU Kota Sukabumi, belum lama ini.

Selain monitoring Sistem Data Pemilih Berkelanjutan, jajaran KPU RI pun meninjau Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU Kota Sukabumi.

“ Mungkin nanti KPU Kota Sukabumi bisa membantu KPU Kabupaten Sukabumi dalam pemutakhiran daftar pemilih, karena Kabupaten Sukabumi luar biasa banyak jumlah pemilihnya, ”pungkasnya. (bal/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *