Baznas Kota Sukabumi Siap Dukung Program ATM Beras

Ketua Baznas Kota Sukabumi, Miftah Amir
Ketua Baznas Kota Sukabumi, Miftah Amir

SUKABUMI— Program ATM beras yang bakal diluncurkan Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan bantuan dari Baznas Kota Sukabumi. Lembaga yang kini dinahkodai Miftah Amir tersebut siap mendukung rencana program tersebut.

Miftah mengatakan, bahwa ATM Beras merupakan program Pemerintah Kota Sukabumi yang salah satunya diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan. “Hingga saat ini masih dalam pembahasan di Pemerintah Kota Sukabumi, terkait teknis ATM Beras kedepannya nanti,” ujar Miftah, Senin (19/9).

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, namun berdasarkan pembahasan yang dilakukan, rencananya kedepan ATM Beras tersebut akan diletakkan di kawasan yang angka kemiskinannya masih tinggi. “Sesuai dengan harapan di awal, ATM Beras ini untuk pengentasan kemiskinan. Kedepannya juga nanti, rencananya Baznas Kota Sukabumi yang akan menjadi operatornya,” ungkapnya.

Masih menurut Miftah, dirinya juga berharap agar nanti operator yang menjalankan ATM Beras ini, bisa mempermudah masyarakat yang juga ingin bersedekah beras. “Kan leading sektor dari program ini ada di Dinas Sosial Kota Sukabumi, yang menyediakan berasnya. Namun jika memang Baznas Kota Sukabumi yang nantinya akan mengelola, kami berharap bisa diletakkan di masjid,” jelasnya.

TM Beras atau Anjungan Tunai Mandiri Beras yang pertama di Kota Sukabumi ini rencananya akan di launching pada bulan oktober 2022 mendatang. Sekretaris Dinas Sosial Kota Sukabumi, Yadi Erlangga mengatakan saat ini Pemkot sudah menyiapkan stok beras untuk 4 bulan kedepan, yang nantinya dapat dimanfaatkan warga Kota Sukabumi yang membutuhkan.

“Kami akan bekerjasama dengan Baznas untuk pelaksanaan nya. Dan untuk titik lokasi nya kami akan sesuaikan dengan wilayah yang memiliki kerawanan pangan,”papar Yadi.

Yadi juga mengatakan bahwa program ATM Beras ini selain bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, juga diharapkan dapat memicu kesadaran dan partisipasi warga lainnya untuk saling membantu satu sama lain. “Jadi setelah 4 bulan, nantinya siapapun boleh berkontribusi mengisi ATM beras tersebut. Misal ada pengusaha yang mau ngisi boleh, dan siapapun boleh ngisi,” jelasnya.

Secara tekhnis Yadi menjelaskan bahwa masyarakat kurang mampu penerima manfaat ATM Beras ini akan diberikan kartu seperti kartu ATM yang nantinya mereka dapat mengambil beras kapanpun saat mereka membutuhkan.

“Saat ini kami masih akan berdiskusi dengan Baznas untuk mempersiapkan titik lokasi yang akan di pakai. Tapi tetap mengacu pada kerawanan, dan keamanan alat yang akan kami simpan,” sambungnya.

Mesin ATM Beras yang berjumlah 5 buah ini akan di isi 10.000 kilo beras selama 4 bulan hingga Desember mendatang.

“Skema pengisian berasnya nanti akan kita sesuaikan apakah kita anggarkan dari APBD, atau dari partisipasi warga. Yang jelas stok untuk 4 bulan sudah aman sampai desember mendatang. Hanya tinggal menunggu Launching dan menentukan titik lokasinya dengan Baznas,”pungkas Yadi.(Cr3/t)

ATM Beras
SEGERA DIRESMIKAN : ATM Beras yang akan segera di launching Pemerintah Kota Sukabumi. Selasa (13/9/2022).(Foto : ist)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.