17 Titik Rawan Banjir

  • Whatsapp
Warga dan petugas bahu membahu saat mengatasi banjir di depan kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Jalan Arif Rahman Hakim Kecamatan Warudoyong.

SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memetakan sebanyak 17 titik rawan banjir saat memasuki musim penghujan.

Dari 17 rawan titik itu diklasifikasikan kedalam beberapa kategori, mulai dari rendah, sedang dan tinggi. “Dari 17 titik tersebut berada di 16 kelurahan, dan satu titik berada di Jalan Protokol,” Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardhani, kemarin (15/10).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, ada sebanyak 29 sungai yang melintasi wilayah Kota Sukabumi, 23 sungai kecil diantaranya bermuara di lima anak sungai.

“Dari 29 sungai tersebut ada beberapa sungai yang perlu diwaspadai saat terjadinya hujan, yaitu Sungai Cipelang, Cipanengah, Cisirah, Tonjong dan Cengger,” katanya.

Dari sebanyak 17 titik rawan banjir itu, katanya hampir berada diseluruh wilayah kecamtan yang ada di Kota Sukabumi.

Menurutnya, kelurahan yang memiliki resiko tinggi terkena banjir tersebut, yaitu Kelurahan Subangjaya, Selabatu, Benteng, Sukakarnya, Sriwidari, Lembursitu, Cibereum dan Limustunggal.

“Daerah yang termasuk dalam wilayah terjadinya banjir tersebut merupakan permukinan yang dekat dengan aliran sungai. Selain itu terdapat juga dijalan protokol karena saluran air yang tersumbat,” katanya.

Dirinya menambahkan, wilayah yang masuk dalam peta rawan banjir tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh faktor alam, namu dipengaruhi dengan prilaku manusia.

“Sejauh ini kesadaran masyrakat yang berada dalam menjaga lingkungannya sendiri masih minim sehingga masih sering terjadi banjir,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *