KESEHATAN

Virus Corona  Bisa Serang 9 Bagian Tubuh, Mulai Dari Otak Sampai Jempol Kaki

RADARSUKABUMI.com – Bukan hanya paru-paru, Covid-19 juga bisa menyerang sejumlah organ tubuh yang lain. Sejumlah penelitian sudah banyak mengungkap para pasien yang memiliki berbagai gejala di organ tubuh yang lain akibat Covid-19, termasuk otak.

Penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa virus itu dapat menyerang hampir setiap sistem organ utama dalam tubuh, mulai dari otak, jantung, ginjal bahkan hingga jempol kaki.

Dilansir dari AsiaOne, Selasa (2/6), Covid-19 disebut juga bisa menyebabkan pembekuan darah. Kondisi ini terjadi sebagai bagian dari pertahanan kekebalan tubuh untuk melawan patogen yang tidak diketahui.

Contohnya, pada Sabtu lalu (30/5) tiga anak di New York City meninggal karena penyakit radang yang diduga terkait dengan Coronavirus. Lebih dari 73 anak di negara bagian itu dilaporkan sakit parah.

Beberapa anak dari daerah lain di Inggris juga menderita komplikasi peradangan. Bahkan orang-orang muda yang berusia 30 tahun dan terinfeksi Covid-19 juga mengalami stroke, bahkan dengan sedikit atau tanpa gejala.

“Korona telah terbukti menyebabkan pengembangan mikrotrombi (gumpalan kecil). Gumpalan ini dapat menyebar ke paru-paru dan menghambat aliran darah ke paru-paru, yang disebut emboli paru, atau melakukan perjalanan ke sirkulasi otak dan menyebabkan stroke iskemik,” kata Ahli Kesehatan Dr Theresa Capriotti, DO, MSN, RN, di Villanova University kepada Healthline.

Loading...

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Universitas Zurich (Zurich, Swiss), Covid-19 menyerang lapisan pembuluh darah di seluruh tubuh dan menyebabkan kegagalan banyak organ. Virus Korona menyebabkan pengurangan aliran darah ke berbagai bagian tubuh dan sirkulasi darah berhenti.

“Semua pasien yang berisiko dan orang tua harus diperlakukan dengan sangat baik untuk kondisi kardiovaskular yang mendasarinya. Semakin cepat mereka dirawat, semakin besar kemungkinan mereka selamat dari infeksi Covid-19,” tuup pakar kesehatan Frank Ruschitzka dari Rumah Sakit Universitas Zurich.

Berikut adalah gejala yang bisa muncul saat virus Korona menyerang berbagai bagian tubuh.

1. Otak

Sebabkan komplikasi, stroke dari gumpalan darah, masalah neurologis.

2. Mata

Mata merah atau peradangan

3. Hidung

Kehilangan bau dan rasa (anosmia)

4. Darah

Gumpalan darah yang tidak terduga, menyerang lapisan pembuluh darah

5. Pencernaan

Mengganggu sistem saluran pencernaan. Muntah dan diare pada beberapa orang.

6. Paru-paru

Menyumbat dan menggembungkan alveoli (kantung udara), menghambat pernapasan.

7. Jantung

Melemahnya otot jantung. Menyebabkan aritmia berbahaya dan serangan jantung karena bekuan darah kecil.

8. Ginjal

Kerusakan pada struktur yang menyaring limbah dari darah. Pasien riwayat ginjal yang memerlukan dialisis (cuci darah).

9. Kulit Jempol

Jari jempol kaki terlihat ruam ungu akibat serangan pada pembuluh darah.

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button