RS Betha Medika

Manfaat Pemakaian Gelang Identitas dalam Keselamatan Pasien Saat Dirawat Inap di Rumah Sakit

RADARSUKABUMI.com – Pernahkah Anda, pada saat besuk atau anda sendiri yang dirawat, melihat pasien yang menjalani rawat inap (opname) di rumah sakit dipasangkan gelang pada bagian pergelangan tangan atau kaki ?

Mungkin juga sebagian besar dari Anda tidak menganggap hal tersebut sebagai suatu yang penting, hanya aksesoris atau sebuah prosedur biasa di sebuah rumah sakit. Bahkan mungkin anda berpikir bahwa gelang dikenakan oleh rumah sakit agar anda sebagai pasien tidak bisa meninggalkan rumah sakit sabelum administrasi selesai. Untuk menjawab pertanyaan diatas artikel ini akan membahas pentingnya gelang identitas saat pasien dirawat inap disuatu rumah sakit.

Issue Insiden akibat kesalahan medis di suatu pelayanan kesehatan adalah 1 : 25 artinya dari 25 pasien yang dirawat dirumah sakit 1 mengalami insiden akibat kesalahan medis. Insiden adalah setiap kejadian/situasi yg dapat mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yg tidak seharusnya.

Tentunya anda tidak mau menjadi bagian yang mengalami insiden saat dirawat di rumah sakit bukan. Insiden ini juga dapat memberikan dampak kepada anda berupa biaya pelayanan kesehatan menjadi lebih mahal, menderita efek yang merugikan dan yang paling tidak diinginkan adalah kematian. Insiden sendiri dibagi menjadi kejadian yang nyaris terjadi, potensi terjadi dan sudah terjadi.

Contoh insiden kesalahan medis. “Seorang pasien yang dirawat di rumah sakit diberikan obat oleh petugas kemudian timbulah efek samping obat berupa nyeri ulu hati, karena nyeri ulu hati makan dan minum jadi berkurang dan pasien menjadi lemas.

Keluarga menanyakan kepada petugas mengenai perubahan pasien setelah di cek ternyata obat yang diminum bukan milik pasien tetapi milik pasien lain yang mempunyai nama mirip dengan nama pasien.

Setelah di lakukan penulusuran ternyata petugas tidak menyakan identitas dengan lengkap kepada pasien atau penunggu pasien” insiden seperti contoh diatas tentunya menimbulkan kerugian: hari rawat menjadi lebih lama, biaya perawatan makin besar dan pasien mendapat dampak yang tidak diingikan.

Nah sekarang anda sudah tahu kan pentingnya identitas pasien dan mengapa pasien rawat inap di rumah sakit dipasangkan gelang identitas. Jadi tujuan pemasangan gelang identitas adalah agar petugas rumah sakit dapat mengidentifikasi pasien yang dirawat inap di rumah sakit secara tepat pada saat dilakukannya pelayanan maupun pengobatan.

Contoh pelayanan kesehatan dan pengobatan yang memerlukan identifikasi pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan radiologi, tindakan operasi, pemberian obat atau darah atau produk darah, dll.Ada 5 macam warna gelang identitas pasien yang digunakan dan masing-masing warna memiliki fungsi identifikasi yang berbeda, yaitu:

  1. Biru Muda, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien berjenis kelamin laki-laki;
  2. Merah Muda/ Pink, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien berjenis kelamin perempuan;
  3. Kuning, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien yang berisiko jatuh;
  4. Merah, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap suatu jenis obat;
  5. Ungu, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien dengan kategori ‘do not resuscitate’ (DNR) .yaitu pasien atau keluarga yang memilih tidak melanjutkan tindakan medis.

Gelang identitas selain berfungsi sebagai tanda pengidentifikasi dituliskan juga minimal 2 (dua) identitas pasien (seperti nama, tanggal lahir, nomor Rekam Medis ). Untuk menghindari kesalahan identitas pasien yang dapat mengakibatkan cedera baik potensi dan nyaris bahkan cedera yang mengakibatkan fatal, berikut Tips menghindari hal-hal tersebut :

  1. Saat pendaftaran pasien pastikan identitas pasien pasien sesuai dengan kartu tanda pengenal pasien ( KTP ) atau SIM atau tanda pengenal lainya.
  2. Jika pendaftar bukan pasien dan tidak mengetahui identitas lengkap pasien maka bertanyalah kepada pasien identitas lengkapnya kemudian berusahalah menyerahkan kartu tanda pengenal untuk dilakukan cek ulang kepada petugas rumah sakit.
  3. Pastikan petugas kesehatan di rumah sakit menanyakan kepada anda atau keluarga sebelum melakukan pelayanan atau pengobatan minimal dua identitas yaitu nama dan tanggal lahir anda. Jika petugas tidak menanyakan hal tersebut anda perlu memberi peringatan kepada petugas untuk melakukan identifikasi sebelum melakukan pelayanan atau pengobatan. Jika perlu berikan saran dan kritik kepada rumah sakit terkait pentingnya identifikasi.
  4. Mintalah penggantian gelang identitas jika gelang rusak atau lepas atau barcode identitas tidak jelas lagi. Mungkin terkena air atau mengelupas
  5. Dampingi selalu pasien yang mempunyai keterbatasan berkomuikasi seperti anak, manula, tuna wicara, keadaan sakit yang mengakibatkan penurunan kesadaran ,dll agar proses identifikasi dapat dilakukan dengan tepat.
  6. Gelang identitas hanya boleh dilepas saat pasien sudah dinyatakan pulang dari rawat inap atau opname

Demikian informasi kami sampaikan tentang pentingnya gelang identitas dalam keselamatan pasien saat dirawat inap di rumah sakit, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, salam semakin sehat dari kami keluarga besar rumah sakit Betha Medika.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button