Menjaga Kesehatan telinga

  • Whatsapp
dr. Muhammad Kamal Khairudin M.M. Dokter umum pelayanan medis RSI Assyifa

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Telinga adalah organ indera yang bertanggung jawab untuk pendengaran. Setiap bagian telinga memiliki peranan penting dalam menyediakan informasi bunyi ke otak. Secara umum telinga terbagi atas telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.

Bacaan Lainnya

Merawat kebersihan dan kesehatan telinga penting dilakukan untuk mencegah berbagai masalah pada telinga, seperti infeksi telinga, telinga berdenging, hingga gangguan pendengaran, atau bahkan tuli mendadak. Tidak hanya pendengaran telinga juga membantu dalam keseimbangan tubuh. Terdapat berbagai cara untuk menjaga Kesehatan dan keberishan telinga diantaranya, dengan membersihkan telinga kotoran telinga secara benar.

Dimana, penumpukan kotoran telinga memang bisa membuat pendengaran terganggu. Gangguan pendengaran baik tuli sebagian maupun tuli berat bisa menghambat produktivitas sehari-hari. Akan tetapi, jika kotoran ini dibersihkan dengan cara yang tidak tepat, misalnya dengan dikorek-korek menggunakan cotton bud terlalu dalam, maka telinga bisa mengalami iritasi dan meradang, sehingga liang telinga akan membengkak dan pendengaran pun akan semakin menurun.

Selain itu, kebiasaan mengorek telinga berlebihan pun berisiko membuat kotoran telinga terdorong semakin dalam, mengeras, dan lebih sulit dikeluarkan. Maka dari itu membersihkan menggunakan cotton bud sangat tidak di rekomendasikan.

Apabila penumpukan kotoran sulit keluar maka pendengaran akan menurun, Lalu bagaimana cara membersihkan telinga? Telinga merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri.

Cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam telinga. Jadi, fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan telinga dan adanya kotoran telinga merupakan sesuatu yang normal.

Jika anda mempunyai kelebihan cairan lilin ini, anda dapat membersihkan daerah sekitar rongga telinga dengan handuk lembut. Atau, anda bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga anda dengan alat khusus.

Selain itu, senantiasa harus melindungi telinga dari suara keras. Fungsi telinga adalah untuk mendengar. Namun, telinga mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga.

Terlalu sering terpapar dengan suara keras dapat membuat kemampuan mendengar anda berkurang. Sumber suara keras ini bisa bermacam-macam, misal dari lingkungan kerja anda, dari musik yang anda dengarkan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, untuk lebih efektif lagi, harus melakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter. Sebab, memeriksakan telinga ke dokter sangat penting terlebih jika terdapat gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, jika usia anda sudah memasuki usia lansia maka penting untuk segera diperiksa, Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran telinga di dalam telinga.

Jika ada, telinga anda mungkin butuh untuk dibersihkan.

Mari kita saling menjaga dan memperhatikan kesehatan terutama di masa pandemi. Menerapkan PHBS, melakukan 3M, meningkatkan iman kita, agar imun terjaga dan tercipta rasa aman lahir batin. (*)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *