Mana yang Lebih Baik, Olahraga di Pagi atau Malam Hari?

Ilustrasi olahraga

 RADARSUKABUMI.com – Ada yang lebih senang olahraga pada pagi hari, ada pula yang karena sibuk lebih nyaman melakukannya pada malam hari. Nah, katanya waktu olahraga pagi dan malam punya manfaat berbeda, tergantung tujuannya. Apa benar?

Perbedaan Manfaat Olahraga Pagi dan Malam Hari

Bacaan Lainnya

Kalau tentang mana yang lebih efisien, apakah olahraga pada pagi atau malam hari, sebetulnya tidak ada bukti yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kalau memandangnya dari dunia kedokteran, pemilihan waktu olahraga tersebut hanya berdampak pada konsekuensi yang muncul dari masing-masing waktu yang dipilih.

Para ahli mengatakan, hal terpenting dalam pemilihan waktu beraktivitas fisik adalah kapan waktu yang paling nyaman untuk melakukannya, sehingga itu menjadi sebuah kebiasaan baik.

Jam biologis tubuh atau disebut juga sebagai irama sirkadian turut menentukan apakah Anda adalah tergolong individu yang lebih nyaman berolahraga setelah matahari terbit, atau ketika matahari sudah terbenam. Tentang ini, tak banyak yang bisa dilakukan untuk mengubahnya.

Irama sirkadian diatur oleh pola 24 jam rotasi bumi yang memengaruhi fungsi tubuh, seperti tekanan darah, suhu tubuh, kadar hormon, dan detak jantung. Itu semua berperan penting dalam kesiapan tubuh untuk berolahraga.

Berpatokan pada jam tubuh sebagai panduan kapan harus berolahraga adalah ide yang baik. Namun, tentu saja harus dengan pertimbangan lainnya, seperti aktivitas harian.

Yuk, cari tahu kapan waktu olahraga yang baik untuk Anda!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *