Kerja Lembur Setiap Hari Itu Bahaya, Bisa Akibatkan Kematian

RADARSUKABUMI.com – Pekerjaan yang terlalu menumpuk membuat banyak orang terpaksa harus lembur. Lembur dapat menyebabkan stres.

Keadaan inilah yang memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon dan meningkatkan terjadinya resistensi insulin yang berujung pada diabetes.

Bacaan Lainnya

Dalam beberapa tahun terakhir, penderita penyakit tidak menular terus meningkat.

Salah satunya adalah diabetes. Diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor tiga di Indonesia dengan presentase sebesar 6,7 persen.

Selain meningkatkan risiko kematian, diabetes juga merupakan penyebab dari penyakit kardiovaskuler, penyakit ginjal, kebutaan, amputasi, dan disabilitas.

Beberapa gejala awal diabetes bisa kita kenali sendiri. Salah satunya adalah 3P, yaitu polifagia (sering merasa lapar), polidipsia (sering haus), dan poliuria ( sering buang air kecil).

Lalu, dari mana kita tahu bahwa rasa lapar dan haus yang dirasakan sudah melebihi batas wajar? Cara sederhananya, kita bisa membandingkannya dengan perilaku makan atau minum rata-rata orang, atau bisa pula membandingkan dengan diri sendiri.

Sementara frekuensi buang air kecil yang tidak biasa pada umumnya terjadi di malam hari, ketika seseorang bangun dari tidur hanya untuk buang air kecil terutama pada malam hari sering bangun untuk pipis sampai tiga-empat kali.

Jika menemukan adanya gejala-gejala tersebut pada keluarga atau diri kita sendiri, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter karena ada pula beberapa penyakit lain yang memiliki gejala serupa.

Di luar 3P, gejala tidak khas yang mungkin terlihat ketika seseorang menderita diabetes, misalnya perubahan berat badan drastis dan kondisi khusus lainnya.

Untuk itu, pentingnya mencegah diabetes sejak dini, seperti olahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan seimbang, menghindari merokok, istirahat cukup, hingga mengontrol kadar lemak dan tekanan darah.

(pkl1/ayu/tipstren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.