PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi MoU Bersama Lima Desa

PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi
KERJASAMA : PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, saat MoU bersama lima desa dan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di Gedung Pendopo Sukabumi, belum lama ini.

SUKABUMI – PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, kembali menjalin kerja sama program pemberdayaan masyarakat sektor di lima desa yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk tahun 2023.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil dan kelima kepala desa, serta dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Gedung Negara Pendopo Sukabumi pada Rabu (14/12) lalu.

Kerja sama penandatanganan MoU dengan lima desa ini. Yakni, Desa Sirnaresmi, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Desa Wangunreja dan Desa Sukamaju, Kecamatan Nyalindung serta Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah. Kerjasama tersebut, dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang sejalan dengan prinsip ESG 4 Plus.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil menjelaskan, sebagai anak perusahaan SCG, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi mengedepankan operasional bisnis yang berkelanjutan, sesuai dengan prinsip ESG 4 Plus.

“Kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat melalui pembangunan yang berkelanjutan dan terintegrasi. Sebagai contoh untuk meningkatkan geliat ekonomi desa, kami menggagas program One Village One Icon sehingga masing-masing desa memiliki produk unggulan,” kata Somchai pada Jumat (23/15).

Kerja sama senilai Rp1,6 Miliyar ini berfokus pada pembangunan strategis untuk jangka panjang meliputi sektor ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta agama dan budaya. Guna mengoptimalkan realisasinya, kerja sama ini melibatkan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, pemerintah desa, Bumdes, Puskesmas, karang taruna, dan berbagai pihak lainnya.

“Selain melanjutkan program pembangunan yang sedang berjalan, perusahaan juga merambah ke program Gerakan Makan Ikan (Gemari) untuk mengentaskan stunting pada anak-anak dan pembiayaan penuh BPJS Ketenagakerjaan bagi 89 pekerja rentan seumur hidup,” paparnya.

Kendati baru beroperasi di tahun 2015, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi secara konsisten telah berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan terintegrasi sejak tahun 2013. Di sektor ekonomi, perusahaan telah berhasil menumbuhkan dan meningkatkan kapasitas lebih dari 50 UMKM lokal melalui program ekonomi produktif. “Perusahaan turut berkontribusi pada perbaikan dan pembangunan jalan desa sepanjang 9.700 meter,” ujarnya.

Kemudian untuk meningkatkan mutu pendidikan, perusahaan telah menyerahkan beasiswa kepada 2.015 siswa berprestasi. Beralih ke sektor kesehatan, perusahaan secara konsisten memberikan akses kesehatan gratis, menanggulangi pandemi Covid-19, dan pengentasan stunting. “Terakhir, di sektor agama dan kebudayaan, perusahaan turut menyerahkan santunan untuk 2.000 anak yatim dan renovasi lebih dari 100 masjid,” tandasnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menyambut baik program CSR pembangunan kelima desa yang setiap tahunnya digagas oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi. Meski terbilang baru, perusahaan telah memberikan dampak yang signifikan pada pembangunan wilayah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sukabumi, khususnya di lima desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

“Kami mengapresiasi komitmen PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam menyalurkan program pembangunan multi sektor,” jelasnya.

Menurut Marwan, komitmen yang dijalankan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi ini selaras dengan fokus pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan mempromosikan produk unggulan di Kabupaten Sukabumi. “Sinergi jangka panjang ini terbukti telah berkontribusi pada pembangunan desa dan peningkatan UMKM lokal Sukabumi dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Pos terkait