Polsek Parakansalak Sukabumi Waspadai Longsor

Polsek Parakansalak
Petugas Polsek Parakansalak, Polres Sukabumi, saat memasang spanduk imbauan bencana longsor di wilayah hukumnya pada Selasa (17/01).

SUKABUMI – Dalam meminimalisir risiko bencana alam, Polsek Paraksalak, Polres Sukabumi, melakukan pemasangan spanduk imbauan di lokasi daerah rawan longsor yang berada di wilayah hukumnya pada Selasa (17/01).

Kapolsek Parakansalak, Polres Sukabumi, IPTU Dodi Iriawan mengatakan, pemasangan spanduk ini, sengaja dilakukan agar terhindar dari korban bencana dan mengalami kerugiaan materil. “Untuk itu, kami bersama Bhabinkamtibmas serta Forkopimcam memasang himbauan melalui banner yang di pasang di titik-titik rawan longsor,” kata Dodi pada Selasa 917/01).

Bacaan Lainnya

Banner yang di pasang di daerah rawan longsor ini, sambung Dodi, dimaksudkan untuk para pengguna jalan agar bisa selalu berhati-hati ketika melintas ke lokasi tersebut. Selain itu, hal tersebut juga untuk mengantisipasi ketika terjadinya tanah longsor. “Ada 2 banner yang di pasang di lokasi rawan longsor,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di titik lokasi pemasangan spanduk imbauan bencana tanah longsor ini, sengaja dilakukan karena di daerah tersebut kerap sekali terjadi bencana tanah longsor. Untuk itu, ia bersama Forkopimcam Parakansalak berinisiatif untuk pemasangan banner agar masyarakat bisa berhati-hati.

“Alhamdulillah selama pelaksanaan kegiatan pemasangan Banner bersama Forkopimcam berlangsung dengan aman dan lancar,” tandasnya.

Bukan hanya itu, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada seluruh personel seperti Bhabinkamtibmas untuk selalu melakukan edukasi dan sosialisasi terkait potensi bencana pada cuaca ekstrem saat ini.

“Meski sampai saat ini, belum ada laporan bencana longsor yang signifikan. Namun, kami tetap waspada dan terus melakukan berbagai upaya preventif sebagai salah satu bentuk pencegahan deteksi dini untuk meminimalisir terjadinya resiko bencana alam. Apalagi, sampai memakan korban jiwa,” bebernya.

Selain itu, dalam mengantisipasi bencana alam pihaknya bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait agar selalu siaga. Ini perlu dilakukan agar ketika terjadi bencana, maka ia bersama petugas gabungan bisa langsung ke lokasi kejadian.

“Intinya, seluruh stakehoalder akan terus meningkatkan kewaspadaannya mengenai ancaman bencana alam di musim hujan. Salah satunya, bencana tanah longsor,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait