Status Unesco Geopark, Pemkab Sukabumi dan Universitas Trisakti Kerjasama untuk CPUGGp

  • Whatsapp
Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabummi
Keindahan pemandangan salah satu objek wisata di Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabummi.

SUKABUMI – Ikhtiar agar status geopark UNESCO tetap bertahan pada Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Geopark (CPUGGp) terus diwujudkan Pemerintah Kabupten Sukabumi. Salah satunya adalah dengan kerjasama dengan Universitas Trisakti. Ini sejalan dengan prinsip tridharma perguruan tinggi.

Rektor Universitas Trisakti Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi karena telah dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk menjalin kerjasama yang penting ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Kabupaten Sukabumi sudah tidak asing bagi Universitas Trisakti. Apalagi berbagai kegiatan Trisakti banyak dilakukan di Kabupaten Sukabumi mulai dari kegiatan lapangan, penelitian, hingga penelitian pengajaran.

“Terima kasih pak Bupati telah memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu di kampus ke lapangan. Sehingga, ilmu dari kampus bisa lebih terasah dan sepulang dari praktek di lapangan bisa memperkaya keilmuan. Kami siap mengembangkan dan membantu memelihara geopark agar terus diakui Unesco,” ujar Kadarsyah.

“Selamat untuk pak Bupati memiliki Geopark Ciletuh mendapat pengakuan dari Unesco, saat evaluasi menjadi geopark international Trisakti siap memelihara sehingga tetap diakui Unesco sampai kapanpun juga,” ucapnya menutup.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menerangkan, Kabupaten Sukabumi memiliki sumber daya alam (SDA) hingga seni budaya yang melimpah. Potensi-potensi ini perlu diolah melalui kajian dan telaahan yang mendalam sehingga bisa berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Telaahan dan kajian ini, bisa dibantu Universitas Trisakti. Sehingga hasil telaahan dan kajianya, bisa diaplikasikan dalam penerapan kebijakan ke depan,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Marwan, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan laut, air tawar, hingga peternakan. Baik ternak besar, kecil, dan unggas.

“Potensi lainnya ialah perkebunan. Semua potensi itu berkontribusi terhadap perekonomian Kabupaten Sukabumi. Oleh karena itu, perlu unsur pentahelix agar potensi yang begitu besar itu terkelola dengan baik. Sehingga, memberikan manfaat besar yang berkelanjutan dan mengantarkan masyarakat sejahtera lahir batin,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *