Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Gandeng Perusahaan Untuk Pencaker, Antisipasi Pengangguran

Disnakertran-Kabupaten-Sukabumi
Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani saat melakukan komunikasi dengan sejumlah perusahaan yang hendak memberangkat para pencaker di Kabupaten Sukabumi untuk bekerja ke luar negeri.

SUKABUMI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, terus berupaya maksimal mencari terobosan baru untuk mengikis angka pengagguran di Kabupaten Sukabumi. Salah satu inovasinya melakukan kerjasama dengan lembaga terkait agar warga Kabupaten Sukabumi bisa bekerja.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani melalui Fungsional Pengantar Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, R. Elly Widianingsih kepada Radar Sukabumi mengatakan, untuk membuka peluang kerja bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi selain memberikan informasi lowongan kerja di daerah Kabupaten Sukabumi maupun dalam negeri, Disnakertrans juga memberikan informasi terkait lowongan kerja di luar negeri. Seperti di Negara Inggris, Malaysia, Ceko dan Negara Belanda.

Bacaan Lainnya

“Nah, hari ini kita memfasilitasi puluhan warga Kabupaten Sukabumi untuk dipertemukan dengan para pemberi kerja atau sejumlah perusahaan yang bisa memberangkatkan mereka untuk bekerja keluar negeri yang kami selenggarakan di aula Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Selasa (02/08).

Hal tersebut sengaja dilakukan oleh Disnakertrans Kabupaten Sukabumi untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi kerja atau sejumlah perusahaan, dalam hal ini para pencari kerja yang memang berminat untuk bekerja ke luar negeri.

Selain itu, sejumlah perusahaan yang merupakan pemberi kerjanya juga sudah terverifikasi di Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Disnakertrans Kabupaten Sukabumi. “Jadi dapat dikatakan, untuk pemberi kerjanya adalah bersifat legal dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujarnya.

Pada pertemuan pencaker dengan pemberi kerja ini, sambung R. Elly, jumlah pesertanya ada sekitar 35 orang dan mereka banyak yang berminat untuk bekerja ke luar negeri. Khususnya untuk bekerja di sektor formal. Seperti di pabrik dan sektor pertanian.

Untuk itu, pada kesempatan pertemuan antara pencari kerja dengan sejumlah perusahaan untuk menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri ini, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi sudah memastikan, bahwa pihak perusahaan jika dilihat dari sisi administrasi dan sisi aspeknya, maka harus betul-betul dapat diyakini, bahwa perusahaan tersebut, bukan sebuah perusahaan yang hanya sebatas omongan belaka.

Tetapi, perusahaan yang memang benar-benar memiliki kualitas dan kuantitas tertentu.

“Kami yakini perusahaan itu bisa menyalurkan tenaga kerja, wabil khusus di Kabupaten Sukabumi, karena di Kabupaten Sukabumi kita sedang mencari terobosan baru, agar bisa direkrut walaupun semisal untuk bekerja di Kabupaten Sukabumi ini sulit, tetapi bisa kita tempatkan untuk bekerja di luar negeri dengan catatan proses pemberangkatannya secara prosedural atau bukan secara non prosedural maupun ilegal,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, untuk saat ini sejumlah perusahaan yang sudah menjalin kerjasama untuk menyalurkan tenaga kerja pada sektoer formal ke luar negeri itu.

Yakni, Negara Inggris, Malaysia, Ceko dan negara Belanda. Ia berharap dengan terobosan dan inovasi baru yang digagas oleh Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, bisa memenuhi harapan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memeng membutuhkan pekerjaan. “Kalau untuk jenis pekerjaanya, kebanyakan pada sektor pertanian.

Karena memang Indonesia merupakan sebuah negara agraris dan memang cocok. Sehingga banyak sejumlah negara yang membutuhkan pekerja dari negara Indonesia,” pungkasnya. (Den)

Disnakertran-Kabupaten-Sukabumi
Sejumlah pencaker Kabupaten Sukabumi, saat memintai keterangan soal keberangkatan bekerja ke luar negeri kepada salah satu perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait