Camat Cikembar Apresiasi Petani Milenial Kembangkan Porang

  • Whatsapp
PANEN PERDANA : Petani milienial saat panen perdana porang di Kampung Cigarung, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar.

SUKABUMI – Aksi petani milenial yang berada di Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar menuai pujian. Lewat budidaya tanaman porang, mereka bersiap go internasional dengan memenuhi kebutuhan eskpor ke Negara Jepang dan China.

Camat Cikembar Tamtam Alamsyah kepada Radar Sukabumi mengatakan sangat mendukung penuh terhadap gagasan Kepala Desa Parakanlima yang telah berhasil menggaet para petani milenial yang berada di wilayahnya untuk membudidayakan tanaman porang.

Bacaan Lainnya

“Tentunya, ini selaras dengan program Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan sesuai dengan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, Bahwa Pak Kades berhasil menggarap peningkatan produksi komoditas porang untuk mendukung peningkatan perekonomian nasional.

Salah satu terobosanya dengan mencetak banyak petani milenial yang inovatif, mampu melewati tantangan dan mengkoneksikan pasar ekspor,” kata Tamtam kepada Radar Sukabumi pada Kamis (10/06).

Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi sekali terhadap upaya dan langkah pemerintah Desa Parakanlima yang telah menggaet para petani milenial dalam menggarap lahan untuk dijadikan budidaya tanaman porang.

Terlebih lagi, pemerintah desa tersebut, telah berhasil mendorong petani-petani muda untuk bergairah dan memiliki kreativitas mengelola sektor pertanian, sehingga menghasilkan produk siap pakai.

“Memang tanaman porang saat ini, lagi ngetren dan komoditas tersebut memang menjanjikan memiliki skala ekonomi tinggi,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, paradigma bahwa petani itu miskin merupakan hal yang salah. Karena, keterbatasan bukanlah penghalang agar terus maju dan berjuang. Untuk itu, ia memiliki keinginan agar bagaimana menjadikan kaum milenial sebagai garda terdepan untuk memajukan sektor pertanian di era modern ini.

“Prinsip petani milenial jangan pasrah pada kenyataan dan harus berani bangkit dan berjuang. Pemuda adalah tonggak dan pilar kemajuan. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi terhadap pemerintah desa yang berhasil menggaet para petani milenial di wilayahnya tersebut,” katanya.

Sebab itu, pemerintah Kecamatan Cikembar berharap sikap dan kreatifitas serta ketekunan petani milenial di wilayah Desa Parakanlima ini, dapat dijadikan contoh dan diimplementasikan untuk kaum milenial lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Cikembar agar terus berinovatif dan mampu melewati tantangan zaman.

“Terutama pemuda itu mampu dan memberi contoh yang baik. Jadi image pemuda negatif bisa dijawab dengan kegiatan yagn bersifat poisitif. Nah, salah satunya dengan budidaya porang dan ini bisa dicontoh bagi kaum milenial yang lainnya,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait