Pembangunan Bandara Sukabumi Masih Sumir

Bandara Sukabumi
Bandara Sukabumi (Foto : Dok Radar Sukabumi)

SUKABUMI – Rencana proyek pembangunan bandar udara (Bandara) Sukabumi, tepatnya di wilayah Kecamatan Cikembar, molor hingga tiga tahun. Pasalnya, pembangunan bandara yang membutuhkan total lahan sekitar 137.66 hektare dan ditargetkan bisa dimulai pembangunannya pada awal tahun 2019 lalu itu, kini telah tertunda akibat terkendala proses pembebasan lahan.

Kabid Perhubungan Laut dan Angkutan Sungai dan Danau Penyebrangan (Hubla ASDP) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Endang Badri kepada Radar Sukabumi mengatakan, Bandara Sukabumi awalnya direncanakan akan dibangun di wilayah Citarate, Kecamatan Ciracap. Hal tersebut, sudah dilakukan kajian untuk kelayakan mulai dari sisi teknis, sisi ekonomi dan sisi sosial.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hasil dari kajian tersebut dinilai layak. Apalagi dikaitkan dengan pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu sangat mendukung sekali, jika misal Bandara Sukabumi dibangun di wilayah Citarate.

Hanya saja, untuk di Citarate dinilai untuk sisi komersialnya terkesan kurang. Seperti mulai dari sisi minat masyarakat untuk menggunakan transportasi udara.

“Citarate itu, masuknya ke wilayah Kecamatan Ciracap. Hanya saja untuk masterplannya belum keluar sampai sekarang,” kata Endang.

Sementara untuk Bandara Sukabumi yang lokasinya berada di Cikembar, sudah ada penetapan lokasi (Penlok) yang ditandatangani langsung oleh Mentri Perhubungan kaitan dengan transportasi udara.

Bukan hanya itu, Bandara Sukabumi yang rencananya akan dibangun di wilayah Kecamatan Cikembar ini, dalam sisi perencanaannya sudah selesai dan kajian-kajian lainnya pun sudah tuntas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.