Mensos Datangi BRSPDM Phala Martha

Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara saat menyambangi BRSPDM Phala Martha di Jalan Perintis Kemerdekaan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/3).

KABUPATEN SUKABUMI — Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Juliari P Batubara menyambangi Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Phala Martha di Jalan Perintis Kemerdekaan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/3).

Kedatangan mantan Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (Aspelindo) tahun 2007-2014 ini sekira pukul 09.00 WIB. Selain di BRSPDM, Juliari beserta rombongannya juga rencananya akan langsung mengunjungi juga Kementrian HIV dan AIDS Kahurifan dan selanjutnya langsung menuju titik terakhir Kota Cianjur.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja (Kunker) sekaligus melihat rencana program dan agenda yang akan dibahas di pusat nanti,” kata Juliari disela Kunkernya, Selasa (10/3).

Juliari memastikan, Kementrian Sosial akan mensuport sarana dan prasara yang dibutuhkan Phala Martha. “Ini balai usianya sudah 70 tahun lebih, kami berkunjung bersama kementrian sosial untuk melihat apa yang bisa kita perbaiki, secara keseluruhan sudah bagus.

Mungkin ada beberapa perbaikan dan kelengkapan akan ditambah, mudah-mudahan semua yang mendapat perawatan disini bisa pulih kembali,” paparnya.

Lebih Lanjut Juliari mengatakan, dalam membantu sarana dan prasarana ini tentunya diperlukan campur tangan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih perhatian terhadap pusat rehabilitasi sosial.

“Kita dorong pemerintah daerahnya karena tidak semuanya menjadi tanggung jawab Kemensos, ada 41 balai yang dimiliki kita (kementrian) dan ratusan yang dibawah Pemda, kita harapkan Pemda harus lebih serius lagi memperhatikan rehabilitasi sosial,” ujarnya.

Juliari berharap, agar dapat melaksanakan pelayanan dan rehabilitasi mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan serta pemberian informasi dan rujukan ini lebih maksimal lagi.

“Tugas pokok BRSPDM ini juga kan sebagai ajang social bersifat kuratif, rehabilitatif, promotif dalam bentuk bimbingan fisik, mental, sosial, pelatihan keterampilan, resosialisasi, serta bimbingan lanjut kepada orang dengan kecacatan mental eks psikotik agar lebih baik,” tukasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.