Melihat Potensi Kerajinan Batik di Desa Pasirhalang,  Sebulan Rp100 Juta

  • Whatsapp
Batik Desa Pasirhalang
Salah seorang pembatik Desa Pasirhalang sedang asyik melukis motif batik pada kain, Senin (20/09).

Sementara untuk desain khusus dalam membuat kerajinan membatik saat ini, ujar Yusup, sesuai dengan permintaan pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Selain daripada hewan penyu yang menjadi icon Kabupaten Sukabumi, para pengrajin batik di Desa Pasirhalang itu, juga telah membuat gambar gunung rimba lautan dan pantai (Gurilap). “Selain itu, termasuk ikan koi sudah menjadi bagian dari icon yang kerap kami gambar dalam batik itu,” paparnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya berharap dengan adanya batik selain bisa menampung para tenaga kerja dari masyarakat sekitar, juga dapat menumbuhkan kemandirian di bidang usaha, khususnya dalam pengembangan pengrajin batik.

“Untuk itu, kami berharap pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi dan pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat memperhatikan dan membantu untuk memenuhi sarana dan prasarana dalam mengambangkan pembuatan batik ini,” timpalnya.

Sementara itu, salah seorang peserta latihan dari BLK Kabupaten Sukabumi, Mesias Anisa (31) kepada Radar Sukabumi menjelaskan, ia bersama 15 temanya dari BLK Kabupaten Sukabumi, sengaja mendatangi Desa Pasirhalang, tidak lain karena untuk belajar membuat batik tulis.

“Kami di sini bersama teman-teman sudah ada 15 hari belajat membuat batik di sini. Alhamdulillah, kami banyak mendapatkan ilmu disini,” jelasnya.

Sewaktu belajar membuat batik di Desa Pasirhalang, ia berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi maupun pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk dapat memperhatikan dan membantu mengembangkan kerajinan dalam membuat batik di wilayah tersebut.

“Iya, bagus sekali di wilayah Kabupaten Sukabumi ada kerajinan membuat batik. Hanya saja, sarana dan prasarananya belum maksimal. Seperti kompor untuk mencairkan lilin malam yang berfungsi untuk membuat tinta cating motif batik,” pungkasnya. (*/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *