LPM Desa Sirnaresmi Ajukan Perkuat UMKM

  • Whatsapp
RAPAT : Ketua LMP Desa Sirnaresmi, Ujang Aji Rustiawan saat memimpin rapat internal untuk membahas program kerja LPM selama 2021 kedepan di aula Desa Sirnaresmi, Kamis (07/01/2021).

GUNUNGGURUH — Merebaknya virus corona atau Covid-19 telah berdampak serius terhadap pertumbuhan ekonomi warga dan pembangunan di daerah. Untuk mengantisipasi keterpurukan akibat merebaknya wabah dari virus tersebut, Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, telah melakukan terobosan. Salah satunya dengan menggelar rapat internal bersama pemerintah Desa Sirnaresmi dihadiri oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat, Kamis (07/01/2021).

Ketua LMP Desa Sirnaresmi, Ujang Aji Rustiawan mengatakan, LPM memiliki prean strategis dalam kemajuan desa. Selain sebagai representatif masyarakat dalam bidang pengelolaan pembangunan desa, LPM juga harus dapat membantu pemerintah desa dalam menyusun rencana pembangunan yang aspiratif. “Untuk memaksimalkan hal ini, maka kami melakukan rapat internal untuk membahas program kerja LPM selama 2021 kedepan,” jelas Ujang kepada Radar Sukabumi, Kamis (07/01/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, rapat tersebut sangat penting dilakukan. Terlebih lagi pada situasi pandemi Covid-19 seperti ini, LPM harus dapat berkontribusi yang positif untuk membantu program pemerintah desa dalam mengguggah pertumubuhan ekomomi warga setempat. “LPM Desa Sirnaresmi ini, lebih cenderung untuk memberdayakan masyarakat agar ada penghasilan lebih seperti melalui UMKM, maupun usaha rumahan lainnya. Iya, yang penting untuk memberdayakan masyarakat nanti ketua masing-masing diwilayah bisa menyampaikan kepada warganya,” ujarnya.

Pada masa pandemi ini, ujar Ujang, terobosan yang akan dilakukan oleh LPM Desa Sirnaresmi, cenderung akan lebih mendongkrak UMKM. Seperti yang dilakukan home-home industri. “Untuk itu, saya berharap kepada seluruh anggota LPM dapat sinergi dengan pemerintah desa untuk menyampaikan semua program pemerintah desa. Terlebih lagi saat ini simpang siur di masyarakat soal bansos Covid-19. Makanya dengan adanya LPM ini harus bisa menyampaikan kepada masyarakat perihal seluruh program pemerintah desa. Seperti sejauh mana anggaran dari pemerintah yang harus sampai kepada masyarakat. Jadi intinya seluruh anggota LPM akan diberikan pemahaman untuk bisa menjelaskan kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sirnaresmi, Andi Sukandi mengatakan, LPM merupakan lembaga mitra strategis yang berada di luar pemerintahan desa yang membantu dalam meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan masyarakat desa. “Selain meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan bagi masyarakat, LPM juga harus dapat ikut serta didalam perencanaan, pelaksanaan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh anggota LPM dapat bekerjasama secara strategis dengan pemerintah Desa Sirnaresmi dalam memerangi penyebaran virus corona.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *