Kronologis Banjir Melanda Kampung Ciuyunan Sukabumi, Merendam Tiga Rumah dan Masjid

Banjir-Taman-Jaya-Sukabumi
Suasana rumah warga di Kampung Ciuyuhan, RT 002/RW 009, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, terendam banjir pada Sabtu (18/06) sore.

SUKABUMI – Hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang, kembali menyebabkan bencana alam di wilayah Pajampangan. Kali ini, sejumlah rumah penduduk dan tempat ibadah ummat muslim di Kampung Ciuyuhan, RT 002/RW 009, Desa Tamanjaya,
Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, terendam banjir pada Sabtu (18/06) sore.

Koordinator Pusat Pengendali dan Operasi(Pusdalop) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Nanang Sudrajat kepada Radar Sukabumi mengatakan, bencana banjir yang merendam wilayah kampung tersebut terjadi sekira pukul 15.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Hujan dengan intensitas deras, mengakibatkan tiga unit rumah warga terendam air dan satu pasilitas ibadah atau masjid jamie Arrayan terendam air dengan ketinggian kurang lebih 50 centimeter,” kata Nanang kepada Radar Sukabumi pada Sabtu (18/06).

Berdasarkan asessment petugas penanggulangan bencana Kecamatan Ciemas, tiga rumah warga yang terendam banjir itu diketahui bernama Ustadz Ajim rumah panggung ukuran 7x 9 meter dengan jumlah empat orang, rumah panggung milik Ustadz Mahrudin ukuran 6 x12 meter dengan jumlah jiwa dua orang dan rumah semi permanen milik Ustadz Buloh ukuran 8 x15 meter dengan jumlah jiwa dua orang. “Semua tiga rumah yang terendam banjir itu, kini mengalami rusak berat,” ujarnya.

Perkampung tersebut, telah terendam banjir karena diakibatkan tanggul sungai Cikalong dengan panjang kurang lebih panjang enam meter meluap. Karena, tidak kuat lagi menahan derasnya air. Sehingga, airnya langsung merendam pemukiman penduduk. “Saat ini, kondisi air sudah mulai surit. Meski demikian, untuk menjaga dari hal yang tak diinginkan, semua warga terdampak dari bencana banjir itu, kini sudah dievakuasi ke rumah saudara terdekatnya,” pungkasnya. (Den/radar sukabumi)

Banjir Tamanjaya ciemas
Kondisi rumah ustadz di Kampung Ciuyuhan, RT002/009, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi yang terendam banjir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan