Kebakaran Lahan Perkebunan di Simpenan Sukabumi, Tempat Sandar Perahu di Loji Nyaris Ludes

Kebakaran lahan
Kebakaran lahan tempat sandar perahu di kampung Loji, RT 10, RW 05, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

SIMPENAN – Kebakaran lahan perkebunan dan tempat area sandar perahu nelayan terjadi di kampung Loji, RT 10, RW 05, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Peristiwa kebakaran diketahui warga sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, kobaran api cukup besar terjadi di lahan perkebunan dan tempat area sandar perahu nelayan.

Bacaan Lainnya

Petugas Penanggulangan Kebencanaan Kecamatan (P2bk) Simpenan Dandi Sulaeman mengatakan, berdasarkan hasil assesment yang dilakukan bersama jajaran kepolisian, satpol pp, tagana dan pemerintahan kecamatan luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai satu hektar.

Hingga saat ini, kata Dandi belum diketahui penyebab kemunculan api yang membakar ilalang dan juga kayu kayu sekitar yang berserakan di tempat area sandar perahu nelayan tersebut.

“Namun dugaan sementara kebakaran terjadi disebabkan oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab, bisa saja dari puntung roko yang dibuang sembarangan,” ujar Dandi. Senin, (31/8).

Sebagai upaya penanganan, lanjut Dandi tim gabungan dari unsur jajaran forkompimcam, dan juga pemdes Loji serta masyarakat saat ini tengah berusaha memadamkan kobaran api yang masih menyala dengan alat seadanya.

“Ini dilakukan guna menyekat penyebaran api, atau memutus penyebaran api supaya gak meluas, karena dikhawatirkan perahu terbakar banyak yang bersandar,” terangnya.

Masih kata Dandi, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa kebakaran tersebut, kondisi lokasi kebakaran jauh dari permukiman warga.

“Jajaran forkompimcam tadi melalui kapolsek Simpenan melakukan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati, cuaca kering,” tandasnya. (Ndi).

Pos terkait