Irigasi Jebol, Warga Sirnajaya Gotongroyong

  • Whatsapp
Sejumlah warga Sirnajaya Kecamatan Warungkiara, saat bergotongroyong memperbaiki saluran irigasi jebol.

WARUNGKIARA — Pasca longsor yang mengakibatkan saluran irigasi jebol, Pemerintah Desa (Pemdes) Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, mengadakan gotongroyong untuk memperbaiki saluran irigasi.

Dari informasi yang diperoleh koran ini, saluran Irigasi Halimun-Sirnajaya sepanjang 30 meter itu jebol dan mengakibatkan aliran air ke hektaran sawah petani terputus.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Sirnajaya, Dirman mengatakan, saluran irigasi tersebut untuk mengairi hektaran sawah yang berada di wilayah setempat. Untuk itu, Pemdes Sirnajaya meminta kepada masyarakat agar bergotongroyong memperbaiki irigasi tersebut.

“Kami memberitahukan pada pihak-pihak terkait agar mengumumkan di setiap mesjid akan diadakan gotongroyong. Alhamdulillah masyarakat antusias, terbukti banyak yang berpartisipasi memperbaiki saluran irigasi ini,” kata Dirman kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Dirinya berharap pengerjaan penggeseran jalur tersebut cepat selesai sehingga hektaran sawah bisa kembali terairi. “Karena kini masuk musim penghujan, longsor bisa terjadi kapan saja yang ditakutkan lebih fatal dari yang sekarang,” ucapnya.

Sementara itu, seorang perangkat Desa Sirnajaya, Ujang Suryadi mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

“Tidak menutup kemungkinan ini akibat derasnya hujan pada malam Jumat lalu, sehinga mengikis tebing yang berada diatas saluran ini, serta menutupi saluran airnya hingga meluap dan mengikis lagi tebing bagian bawahnya hingga terjadi ambrol seperti ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Ujang mengatakan untuk sementara, aliran pengairan tersebut akan digeserkan dengan menggali tebing bagian atas sebelum ada penanganan khusus.

“Kami sepakat menggeserkan jalur lajunya aliran air tersebut, agar lancar dan bisa mengairi sawah serta ladang yang ada di desa ini,” tutupnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *