HUT RI, Pemuda Gunungguruh Bersihkan Tugu Pejuang

  • Whatsapp
Puluhan pemuda saat melakukan aksi bersih-bersih di lokasi situs bersejarah Tugu Letkol RA Kosasih.

GUNUNGGURUH – Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 75, puluhan pemuda yang tergabung dalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Gunungguruh, melakukan aksi bersih-bersih di lokasi situs bersejarah perjuangan Pahlawan di Sukabumi, yakni Tugu Letkol RA Kosasih, tepatnya di Kampung Padaraang, RT 002/011, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh.

Aksi sosial yang diikuti oleh seluruh jajaran pengurus KNPI, sejumlah OKP dantaranya Pemuda Pancasila, Anshor, FKPPI, AMS dan Ormas GASAK 46SC serta Karang Taruna se Kecamatan Gunungguruh ini, dimaksudkan untuk menjaga situs bersejarah yang saat ini keberadaanya nyaris terlupakan oleh generasi milenial.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, saat ini kondisi situs itu sudah sangat kusam dan di tumbuhi tanaman liar serta tidak terawat sama sekali,” kata Ketua KNPI Kecamatan Gunungguruh, Sayid Agil kepada Radar Sukabumi, Senin (17/8).

Karena kondisi situs tugu Letkol RA Kosasih, sudah usang termakan oleh usia. Maka, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan sejumlah OKP dan pemerintah desa setempat untuk melakukan aksi bersih-bersih di lokasi situs bersejarah tersebut.

“Tempat ini, diketahui sebagai situs bersejarah yang mana merupakan bukti perjuangan Pahlawan Sukabumi, Raden Ahmad Kosasih,” paparnya.

Menurutnya, Tugu Letkol RA Kosasih merupakan sebuah tempat patilasan atau tempat merencanakan agenda besar perjuangan masyarakat Sukabumi dalam menghalau penjajah. Salah satunya pada perstiwa Bojongkokosan yang menjadi monumen bersejarah di Sukabumi.

“Di tempat ini pun, para pejuang merencanakan strategi bagaimana menghalau para penjajah dalam peristiwa Bojongkokosan dan Tragedi Gekbrong. Untuk itu, sudah sepatutnya kita harus merawat tugu ini sebagaimana menghormati nilai-nilai luhur perjuangan para pahalawan terdahulu khususnya, di Sukabumi,” bebernya.

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *