Harga Beras di Pasar Palabuhanratu Sukabumi  Mulai Turun

Pedagang Beras Palabuhanratu Sukabumi
Suasana pedagang beras di Pasar Semi Modern Palabuhanratu

PALABUHANRATU – Sempat mengalami kenaikan beberapa pekan lalu, harga beras di PSM (Pasar Semi Modern) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi di bulan Oktober 2023 mulai alami turun.

Hal tersebut disambut baik oleh para pembeli di pasar, rata rata mengaku senang dengan penurunan harga beras meski tidak signifikan karena menurut mereka dapat mengurangi beban belanja dapur atau kebutuhan rumah tangga.

Bacaan Lainnya

Salah seorang pembeli, Siti Rahayu (41), mengaku sangat bersyukur harga beras mulai turun menurutnya lebih terjangkau dari pada harga sebelumnya yang dirasakan cukup mahal.

“Alhamdulillah kami bisa menghemat pengeluaran sehari-hari, ya walaupun gak besar tapi bagi kami sebagai ibu rumah tangga ini sangat berpengaruh,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi. Kamis, (12/10).

Siti Rahayu menjelaskan, harga beras di PSM Palabuhanratu jenis medium pekan sebelumnya Rp 14ribu per Kg kini turun menjadi Rp 13ribu per Kg, begitu juga dengan beras jenis Premium yang sebelumnya dihargai dari Rp 15ribu per Kg kini turun harga menjadi Rp 14ribu per Kg.

“Senang tentunya, semoga penurunan harga beras ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dan lebih murah lagi,” terangnya.

Sementara itu pencatat harga kebutuhan pokok dan penting di Pasar Semi Modern Palabuhanratu Maulana mengatakan tidak hanya beras yang mengalami penurunan, juga bawang merah dari harga pekan sebelumnya Rp 35ribu per Kg kini dihargai Rp 25ribu per Kg, sementara untuk harga lainnya berdasarkan hasil wawancara dengan para pedagang masih stabil.

“Kalau secara keseluruhan harga kebutuhan pokok masyarakat sejauh ini belum ada perubahan atau kenaikan harga yang signifikan dilapangan,” ujar Maulana.

“Termasuk untuk stok atau pasokan masih juga Alhamdulillah masih aman di pasar Palabuhanratu tidak terlalu berkurang dari pekan pekan sebelumnya,” imbuhnya.

Lanjut Maulana, adapun faktor kaitan perihal penurunan harga beras di pasar semi modern Palabuhanratu dipicu meski musim kekeringan masih melanda, namun sebagian petani yang sawahnya masih bisa ditanami saat ini mulai panen sehingga berpengaruh terhadap stok ataupun pasokan

“Kemarin kan stok pasokan sempat berkurang sekarang mulai ada peningkatan meski belum signifikan seperti tahun tahun sebelumnya,” bebernya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *