Optimalkan Potensi Pertanian, Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Rampung Bahas Perda Agro

omisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat melakukan kunjungan kerja ke PT Agro Jabar, Kota bandung.

SUKABUMI — Wilayah Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah terluas kedua di Jawa dan Bali. Kondisi geografisnya, wilayah yang dipimpin Marwan Hamami ini didominasi oleh lahan pertanian.

Namun sayang, potensi pertanian ini belum terkelola dengan maksimal oleh pemerintah daerah. Melihat potensi yang melimpah tersebut, DPRD Kabupaten Sukabumi telah selesai membahas Raperda tentang Pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Agro Sukabumi Mandiri. Saat ini, Raperda tersebut tengah dalam evaluasi pemerintah provinsi.

Bacaan Lainnya

“Akhir tahun kemarin sudah kita selesaikan. Sekarang sedang difasilitasi pemerintah provinsi,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi, Anjak Priatama Sukma saat dihubungi Radar Sukabumi.

Menurut Anjak, Raperda yang akan fokus mengelola pertanian di Kabupaten Sukabumi ini merupakan usulan dari DPRD yang disampaikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi.

Ia menyebutkan, latar belakang usulan itu adalah potensi pertanian yang ada di Kabupaten Sukabumi belum terkelola secara maksimal. “Potensi pertanian di daerah kita ini sangat luar biasa melimpah.

Namun sayang belum terkelola dengan baik. Makanya ini adalah salah satu latar belakang usulan adanya Raperda ini,” akunya.

Menurutnya, agar dalam pengelolaan Perumda tersebut nanti bisa berjalan dengan baik, ia pun belum lama ini melakukan kunjungan kerja ke PT Agro Jabar, Kota Bandung.

Anjak berharap, potensi pertanian di Kabupaten Sukabumi ke depan bisa optimal. “Banyak yang bisa kita ambil dari sana. Mulai dari pengelolaan, hingga management yang baik” imbuhnya.

Anjak mengaku, banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan di Kabupaten Sukabumi ini terkait dengan lahan pertanian. Selain nantinya bisa meningkatkan pendapatan daerah, juga ia meyakini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan manfaatkan semua peluang ini. Kami yakin, apa yang diharapkan dan yang menjadi tujuan Raperda bisa terwujud,” pungkasnya. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.