DLH : Ketersediaan TPSS Terkendala Lahan

  • Whatsapp
MENUMPUK : Sejumlah sampah disalah satu Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) terlihat menumpuk tak tertata

SUKABUMI — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Denis Eriska menjawab keluhan warga soal kurangnya Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Sukabumi.

Menurut Denis, pihaknya setiap tahun membangun TPSS di sejumlah titik, namun saat ini terkendala lahan. Sebab, ada juga masyarakat yang tidak mau ada TPSS berdekatan dengan rumah. “TPSS sebenarnya setiap tahun kita membangun, tetapi yang menjadi kendala itu kesiapan lahannya,” kata Denis kepada Radar Sukabumi, Rabu (07/04).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Denis, jika memang ada warga yang membutuhkan TPSS DLH akan memfasilitasi itu, namun dikoordinasikan melalui RT, RW atau desa kemudian ke kecamatan, dari kecamatan baru mengajukan ke DLH.

“Silahkan mengajukan ke kami dengan menunjukan lokasi yang sudah disiapkan, sehingga saat masuk dalam program kita mengeksekusinya mudah, tidak harus mencari-cari lahan lagi,” paparnya.

Di sisi lain, tambah Denis warga membutuhkan TPSS, tetapi di sisi lain untuk mengeksekusi lahan kami merasa kesulitan. “Ya, tadi itu kendalanya mereka gak mau di dekat rumahnya ada TPSS,” imbuhnya.

Disinggung soal upaya yang sudah dilakukan dalam menanggulangi sampah, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya. Satu di antaranya yaitu dengan mengaktifkan kembali bank-bank sampah.

“Alhamdulillah, sejauh ini bank-bank sampah bertambah dari 31 bank sampah menjadi 54 bank sampah. Ini untuk meminimalisir sampah-sampah yang dibuang ke sungai menjadi ke bank sampah yang sudah disediakan,” tandasnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *