Disdikbud Kabupaten Sukabumi Pastikan 75 Persen Sekolah Siap PTM

Mohammad Solihin
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin. FOTO: GARIS NB/RADAR SUKABUMI

SUKABUMI – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi Mohamad Solihin menyebut satuan pendidikan yang sudah siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sekira 75 pesen.

Progres ini berlaku untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari jumlah 350 sekolah. Sedangkan Sekolah Dasar (SD) mencapai 65 persen dari 1.219 sekolah.

Bacaan Lainnya

“Jadi memang ada sekolah yang daerah tertentu belum siap, tetapi rata-rata akumulatif kabupaten itu kurang lebih 75 persen termasuk di provinsi juga sama sudah siap PTM,” ujar Solihin kepada Radar Sukabumi, Senin (17/1).

Disdik pun akan terus menggenjot vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun untuk menyambut pelaksanaan PTM 100 persen.

Sebab, ada dua opsi jika kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 diberlakukan. Pertama boleh pembelajaran tatap muka 100 persen dan juga boleh PTM 50 persen.

“Untuk itu kami mempersiapkan libur (sekolah) ini agar peserta didik yang usia 6 sampai 11 tahun, khusus TK (taman kanak-kanak) dan SD (sekolah dasar) ini minimal didorong untuk divaksinasi,” ucap Solihin.

Sehingga kemungkinan besar, sambung Solihin, jika PTM yang 50 persen tentu saja nanti ada skala prioritas. Itupun bagi anak yang sudah divaksinasi, sementara yang belum, belajar di rumah, tetapi di sisi data ia mengaku sudah memiliki data “by NIK by name”.

“Begitupun juga yang PTM 100 persen, ada persyaratan lainnya. Kalau sudah vaksinasi, tentu diatur juga sosial distancingnya, minimal pola duduk dalam kelas bangku berjarak 1 meter.

Alhamdulillah, sebetulnya dari sisi data saja sudah kita miliki, punya Dapodik (Data Pokok Pendidikan) by NIK by name, sehingga tidak ada kesulitan dalam sisi pendataan,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.