Desa Sukalarang Tingkatkan Sinergitas

  • Whatsapp
Desa Sukalarang
Pemerintah Desa Sukalarang saat melakukan rapat internal untuk membahas penanganan dan pencegahan Covid 19 di aula Desa/Kecamatan Sukalarang.

SUKARALANG – Dalam memutus penyebaran virus corona atau Covid-19, pemerintah Desa/Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi membentuk tim Satuan Gugus Tugas Covid-19 hingga tingkat RT.

Pembentukan tim tersebut, merupakan salah satu bentuk upaya preventif pemerintah desa dalam memerangi merebaknya wabah virus yang mematikan itu.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Sukalarang, Ece Suryadi mengatakan, untuk mencegah virus corona, saat ini pemerintah Desa Sukalarang tengah membangun sinergi dengan seluruh stakeholder sebagai upaya memaksimalkan pencegahan mewabahnya virus corona.

“Selain di tingkat internal perangkat desa, sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat RW dan RT,” kata Ece kepada Radar Sukabumi, kemarin (24/4).

Menurutnya, peran RT di setiap perkampungan merupakan ujung tombak di lapangan. Hal ini dilaksanakan dengan pembentukan Satgas (Satuan Tugas) Covid-19. “Iya, RW dan RT sebagai lapisan terbawah yang ada di pemerintah desa. Mereka memiliki peranan yang penting.

Hal ini lantaran memiliki akses langsung yang berdekatan dengan masyarakat. Sehingga, dengan cara-cara yang persuasif dan kekeluargaan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona,” paparnya.

Peran RT dan RW ini, ujar Ece, nantinya akan bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah memberikan nasihat, imbauan dan memonitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan Covid-19.

“Disamping itu juga, mereka akan dilibatkan dalam mencegah seperti penyemprotan disinfektan secara rutin. Sehingga, sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona,” tandasnya.

Saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan, mereka juga akan melakukan langkah preventif untuk memutus penyebaran virus corona.

Seperti sosialisasi social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah povinsi, dan pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Ini perlu dilakukan karena wilayah Kecamatan Sukalarang ini, merupakan salah satu daerah yang berbatasan dengan wilayah Cianjur,” pungkasnya. (den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *