Desa Kertaraharja Ikuti Lomba PKK

Puluhan anggota PKK Desa Kertaraharja, tampak antusias saat mengikuti Monev Desa Model di Aula Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar.

CIKEMBAR — Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kabupaten Sukabumi, melakukan kunjungan untuk penilaian 10 Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikemabar, kemarin (12/4).

Desa Kertaraharja berhasil mewakili 10 desa yang ada di Kecamatan Cikembar untuk masuk dalam perlombaan desa model tingkat Kabupaten Sukabumi 2019.

Bacaan Lainnya

Penjabat Sementara (PJs) Kepala Desa Kertaraharja, Yunyun Zieni Arief mengatakan, pihaknya mengaku gembira dengan desa yang tengah dipimpinnya itu, bisa mewakili seluruh desa untuk masuk ke tingkat kabupaten dalam lomba 10 Program PKK.

“Sebenarnya ini merupakan tugas berat, lantaran Desa Kertaraharja dipilih menjadi desa model. Namun, hal ini akan menjadi motivasi untuk kegiatan pemberdayaan dalam kesejahtraan masyarakat dan lingkungan,” jelas Yunyun kepada Radar Sukabumi, kemarin (12/4).

Selain itu, ujar Yunyun, monev juga dapat mengukur kinerja pemerintah Desa Kertaraharja agar bisa menjadi desa yang maju, sejahtra dan terlayani dengan baik.

Apalagi ketika nanti seluruh infrastuktur desa sudah dibangun secara merata dengan baik, tentu dana desa yang bersmuber dari APBD maupun APBN akan lebih dimanfaatkan untuk sektor pemberdayaan masyarakat.

“Jadi dengan adanya desa model ini, kita mulai belajar bagaimana cara mengembangkan warga agar memiliki karya kreatif dan memiliki jiwa wirausaha.

Ya, intinya monev ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik lagi dalam pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah mengatakan, kegiatan agenda tahunan ini bisa menjadi salah satu pemicu untuk memotivasi desa untuk meningkatkan dari berbagai aspek.

Apalagi 10 program PKK ini melingkupi semua sektor, mulai dari lingkungan, ekonomi, pendidikan dan pembinaan wilayah. Sehingga dengan adanya monitoring dan evaluasi lomba PKK tingkat Kabupaten Sukabumi ini, seluruh desa yang ada di Kecamatan Cikembar dapat lebih maju dan warganya lebih sejahtera.

“Lomba ini sangat penting dilakukan, karena selain meraih prestasi dan kegiatan seremonial, monev ini juga diharapkan dapat menjadi sebuah tolak ukur untuk dapat diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Ketua Tim Monev Kabupaten Sukabumi, Hj. Isyeu Thendy mengatakan, dengan terselenggaranya monev ini, Desa Kertaraharja harus mampu mendesiminasikan hasil kreatif dan inovatifnya terhadap seluruh desa yang ada di Kecamatan Cikembar. Sehingga seluruh desa dapat menjalankan 10 program PKK diwilayahnya masing-masing. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.