DBD Ancam Warga

“Tim JMD dan survailance melakukan pengawasan secara intensifkan dengan mendatangi pemukiman rumah warga. Bila ditemukan ada gejala malaria, JMD diperintahkan melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan memberantas nyamuk,”jelas Harun

Dalam hal ini, Dinkes Kabupaten Sukabumi menghibau kepada masyarakat,khususnya masyarakat yang rumah tinggalnya di wilayah pesisir untuk mewaspadai penyebaran jentik penyakit malaria. “Menghadapi serangan malaria itu, Seiring dengan keadaan cuaca, kasus malaria dilaporkan telah muncul di beberapa kecamatan dengan begitu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan,”himbaunya.

Bacaan Lainnya

Serangan Malaria,tidak boleh dianggap enteng. Kalau masyarakat lengah, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles tersebut dapat berjangkit dengan cepat dan merenggut nyawa korban. “Karena itu masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam pemberantasan sarang nyamuk disertai upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkunganya sediri,”tandasnya.

11 Daerah yang masuk Zona Merah DBD

No. KECAMATAN

1. Palabuhanratu
2. Cisolok
3. Tegalbuleud
4. Surade
5. Ciracap
6. Waluran
7. Lengkong
8. Ciemas
9. Jampang Kulon
10. Simpenan
11. Cikakak

Cara Mudah Mencegah Demam berdarah.

1. Bersihkan bak mandi Anda seminggu sekali

Air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti . Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya.

2. Perhatikan perabotan rumah tangga Anda yang menampung air

Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang. Rajin-rajinlah membersihkan tempat-tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

3. Gunakan kasa nyamuk

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah. Anda bisa memasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela Anda.

4. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

Sesekali perhatikanlah gantungan baju Anda di balik pintu. Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap.

5. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu

Ketika Anda hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, Anda tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

 

(cr1/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.