BPBD: Lokasi Longsor Cisolok Memang Rawan Bencana Alam

Proses evakuasi di lokasi longsor Kampung Garehong, Desa Sinaresmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyatakan lokasi bencana longsor yang menimbun puluhan rumah penduduk di Kampung Garehong, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi merupakan daerah yang rawan bencana alam.

“Sejak tahun 2010, hampir setiap tahun longsor sering terjadi didaerah ini. Namun, bencana terbesar memang tahun ini,” jelas Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman kepada Radarsukabumi, Selasa (1/1/2019).

Bacaan Lainnya

Bukan hanya itu, timpal Eka, lokasi bencana tanah longsor di daerah tersebut merupakan salah satu prioritas BPBD Kabupaten Sukabumi dalam melakukan investigasi bencana.

“Kita sudah melakukan pengamatan sementara, bahwa daerah ini memang sangat rawan dan sangat rentan terjadi pergerakan tanah dan tidak layak untuk di huni,” paparnya.

Menurut Eka, penduduk yang menjadi korban bencana tersebut, memiliki adat yang berbeda dengan warga di kota.

“Jadi mereka ini suka menempati tempat-tempat yang lokasinya berdekatan dengan area pertanian dan tidak memikirkan dengan kondisi bangunan yang ada. Akibatnya, saat hujan deras, maka bukit itu langsung tumpah dan menggerus tanah dan menimbun rumah penduduk,” tandasnya.

Masih di tempat yang sama, Danrem 061/Surya Kencana, Kolonel Inf, M. Hasan mengatakan, lokasi bencana longsor tersebut, sebenarnya masuk pada kawasan dari Halimun Salak.

Namun, karena kultur masyarakat yang tinggal di daerah kemiringan dengan dijadikannya sebagai ladang dan menam tanaman yang singkat dan tidak memiliki akar yang kuat dapat menyebabkan bencana longsor seperti ini.

“Sehingga kedepannya, saya sarankan kepada Bupati Sukabumi agar memfungsikan kembali daerah ini sebagai hutan yang baik dengan tanaman yang kuat,” pungkasnya.

(den/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.