Asintel Mayjen TNI, Tinjau TMMD ke 108 di Kalibunder

  • Whatsapp
Asintel Mayjen TNI Teguh Arip Indramotko didampingi Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat meninjau lokasi pembangunan TMMD ke 108.

KALIBUNDER — Asisten Intelijen (Asintel) KSAD Mayjen Teguh Arief Indratmoko meninjau lokasi Tentara Nasional Indonesia Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 108 di wilayah Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kamis (16/06).

Kedatangan Asintel yang didampingi petinggi dari TNI. Seperti Kasdam III Brigjen TNI Kunto Arip Wibowo, Paban 1 Sintel, Kol INF Bayupermana, Kasrem 061/SK Kol INF Dedy Suryadi, Kasiter 061/SK, Kol.Kav Budiman Ciptadi, Waaster Kasdam III Letkol Kav Mujahidin, Waasintel Kasdam III Letkol INF Endang S, Paban 4 Letkol INF Haris S dan sejumlah jajaran TNI dari jajaran Kodim 0622 Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kunjungan Asintel ke lokasi TMMD tersebut, disambut Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Kapolres Sukabumi AKBP Lukman dengan kesenian tradisional seperti lengser dan tarian budaya sunda yang di kolaborasikan dengan seni modern.

Asisten intelijen Mayjen TNI Teguh Arip Indramotko mengatakan, bahwa kedatangannya untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan TMMD ke 108 di Kalibunder. “Kita ingin melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan,” katanya.

Menurut Asintel, kedatangannya sekaligus untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanan TMMD di masa yang akan datang.

“TMMD di desa ini sudah berlangsung sejak 40 tahun lebih dan tujuan utamanya adalah untuk mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat yang sering kita dengar adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat. Hal ini sebagai penjabaran sistem pertahanan di Indonesia yang merupakan sistem pertahanan rakyat semesta,” bebernya.

Pihaknya menambahkan bahwa kegiatan TMMD ini bisa membantu untuk menjaga ketahanan pangan dimana melalui TMMD pasokan distribusi pangan akan lebih cepat dan mudah. Untuk itu, selesai memberikan sembako, Asintel didampingi Bupati Sukabumi dan seluruh jajarannya mengecek langsung ke lokasi pembangunan jalan pada program TMMD tersebut.

“TNI dengan masyarakat seperti layaknya mata rantai yang tidak bisa dipisahkan. Untuk mempererat hubungan ini, TNI harus selalu berbuat yang terbaik untuk kepentingan masyarakat dan program TMMD ini salah satunya,” timpalnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, pihaknya berharap kegiatan TMMD ini dapat mempercepat pembangunan di Kabupaten Sukabumi. “Semoga TMMD dapat meningkatkan transportasi logistik dari pedesaan, peningkatan ekonomi masyarakat, keamanan dan gotong royong masyarakat,” katanya.

Dalam TMMD Ke 108 ini, terdapat 13 kegiatan fisik diantaranya pengaspalan jalan desa dengan panjang 1,6 kilometer dan lebar 2,5 meter, pembangunan gorong gorong tujuh unit, pembangunan TPT sepanjang 217 meter, lebar 0,25 meter, dan tinggi 1,8 meter, pengerasan jalan desa dengan panjang 850 meter dan lebar dua meter dan tebal 0,15 meter, pengerasan jalan rabat beton ruas satu panjang 600 meter lebar satu meter tebal 0,08 meter, pengerasan jalan rabat beton ruas 2 panjang 650 meter lebar 2 meter tebal 0,08 meter, pengerasan jalan rabat beton ruas 3 panjang 750 meter, lebar 1 meter tebal 0,01 meter, pembangunan sarana air bersih sumur bor 3 unit, pembangunan MCK 3 unit, Pembangunan posyandu 1 unit, pembangunan jembatan gantung panjang 40 meter, lebar 1,2 meter tinggi 8 meter, pembangunan bronjong panjang 78 meter persegi serta rehabilitasi RTLH 10 unit.

Sementara untuk, sasaran non fisik terdapat 10 kegiatan meliputi penyuluhan kependidikan, keagamaan, kesehatan, pertanian, peternakan, kepemerintahan desa, keamanan dan ketertiban masyarakat, penyuluhan program KB, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan serta pembinaan Pramuka Saka Wira Sartika.

“Apabila semangat kerjasama yang terjalin antara pemerintah daerah dan TNI dapat terus dilakukan, maka kami yakini dapat mendorong potensi wilayah bagi kemajuan daerah Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *