Air Sungai Kawasan Geopark Diuji

PALABUHANRATU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi belum lama ini melakukan uji kualitas air sungai di kawasan Geopark Ciletuh. Hal itu untuk memastikan kondisi air di kawasan tersebut terjaga dengan baik.

“Kita sudah melakukan uji kualitas, namun untuk hasilnya belum diketahui karena masih berada di laboratorium. Nanti bila sudah ada, akan kami sampaikan ke publik,” papar Sekretaris DLH Kabupaten Sukabumi, Andang Koswara kepada Radar Sukabumi, kemarin (18/10).

Bacaan Lainnya

Menurut Andang, dirinya enggan berspekulasi terkait hasilnya nanti. Namun yang jelas, apa pun nanti hasilnya, ia beserta tim akan melakukan kajian dan evaluasi demi menjaga lingkungan disekitar Geopark Ciletuh.

“Hasilnya nanti setelah 14 hari. Apa pun hasilnya, akan menjadi bahan evaluasi,” bebernya.

Sementara ketika disinggung soal langkah antisipasi jika terjadi pencemaran akibat tambang, Andang mengatakan, tugas DLH hanya memastikan pegujian kualitas air.

Kendati begitu, himbauan untuk selalu memperhatikan lingkungan di bantaran sungai terus didengungkan.

“Tugas DLH sementara memastikan dulu, apakah benar atau tidak telah terjadi pencemaran sungai oleh kegiatan PETI berupa mercury, sisanya kita nanti kabari,” bebernya.

Andang berharap, semua pihak bisa bersama-sama membangun kesadaran untuk saling mengingatkan tentang pentingnya menjaga air sungai.

Supaya, ekosistem dan segala hal yang dihasilkan dari air tersebut mampu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat itu sendiri.

“Saya kira, soal menjaga lingkungan tidak hanya dinas saja, semua pihak terutama masyarakat maupun pengusaha harus memperhatikan sungai, terlebih di kawasan wisata Geopark,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Informasi dan Publikasi Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi Anggaran Sukabumi, Bakti Danurhadi meminta, bila terdapat perusahaan yang aktivitasnya mengganggu atau pun merusak lingkungan, laiknya diproses secara hukum yang berlaku.

“Tidak hanya diberikan teguran, perusahaan yang melakukan pencemaran juga harus diproses secara hukum,” pungkasnya singkat. (Cr10/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.