DLH Klaim Volume Sampah Menurun

MENURUN: Kondisi TPA Cimenteng Kampung Ciangsana, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, menyebutkan volume sampah selama libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini menurun hingga 60 persen.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, penurunan volume sampah tersebut salah satunnya karena beberapa tempat wisata di tutup sehingga dapat mengurangi volume sampah. “Sampah secara umum tidak ada peningkatan, karena tempat wisatakan ditutup, jadi pengunjung yang biasanya banyak datang sekarang relatif sedikit,” ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan, DLH Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska kepada Radar Sukabumi, Rabu (27/5).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Denis mengatakan, mayoritas sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) saat ini hanya bersumber dari sampah rumah tangga dan pasar. Sementara, biasanya tempat wisata menjadi penyumbang sampah paling banyak. “Perharinya sampah yang terangkut ke TPA sekitar 135 ton. Ya, untuk tahun ini jumlahnya normal jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang meningkat hingga 60 persen,” ujarnya.

Kendati demikian, sambung Denis, DLH Kabupaten Sukabumi sudah menyiagakan sebanyak 12 armada untuk mengangkut sampah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan volume sampah. “Sejak Hari Idul Fitri kami menyiapkan 12 unit armada untuk mengantisipasi adanya lonjakan. Tapi alhamdulillah tidak ada,” paparnya.

Disinggung soal Kapasitas TPA Cimenteng, Dinis menerangkan, TPA Cimenteng masih dapat beroprasi hingga lima tahun kedepan. “Ya masih cukup sampai lima tahun ke depan. Karena masih ada tempat yang belum terpakai,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.