Tolak Proyek Kereta Gantung di Kaki Gunung Gede, FK3I Jabar : TNGGP Bukan Lahan Sirkus Manusia

  • Whatsapp
Ilustrasi Kereta Gantung. (foto : SuaraNTB/net)

SUKABUMI — Adanya wacana PT Eigerindo MPI yang akan membangun proyek kereta gantung di di kawasan Eiger Adventure Land Megamendung Puncak Bogor ditolak Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat, meski sudah memiliki izin dari KLHK namun bagi FK3I Jabar itu mesti harus dipertanyakan kebenarannya.

Ketua BP FK3I Jabar Dedi Kurniawan mengatakan, proyek fasilitas cable car atau kereta gantung dengan lintasan 836 meter ini bisa menyebabkan gangguan ekologi terhadap cagar biosfir dan habitat burung-burung yang berada di sekitar kawasan.

Bacaan Lainnya

“Info nya mereka dah punya ijin dari KLHK, tapi saya perlu periksa itu. Ya jelas FK3I menolak rencana Pembangunan Wana Wisata kereta Gantung di Kawasan Konservasi TNGGP. Penolakan kami berdasarkan kajian dimana akan adanya gangguan ekologi terhadap cagar biosfir dan habitat Burung-burung yang berada di sekitar kawasan tersebut, “jelas Dedi saat dalam pesan singkatnya, Senin (18/10/2021).

Selain itu juga, dipastikan tingkat kemacetan dan kepadatan pengunjung akan semakin parah dan itu jelas akan menyalahi perpres jabodetabekpunjur sebagai kawasan strategis ekologi.

“Kami akan kumpulkan bahan dan data agar penolakan kami berdasar. Intinya tegas dan tidak sepakat.Sambil kita akan persiapkan team investigasi pencarian Data ijin, letak, masterplan, adalalin dan lain-lain, “terangnya.

Menurutnya, dirinya berharap TNGGP tetap kawasan asri yang bisa dinikmati secara alamiah. Walau saat ini banyak keterlanjuran kualitas wisata di sekitarnya.

“Nah hal baru akan kami Tolak agar TNGGP bukan lahan Sirkus yang manusia bisa seenaknya merubahnya. Ini tempat makhluk lain hidup bukan untuk dirusak manusia, “tegas orang yang juga menjabat Ketua Dewan Daerah Walhi jabar tersebut.

Sebelumnya, Kawasan Puncak Bogor bakal memiliki fasilitas cable car atau kereta gantung. Panjang lintasannya 836 meter. Lokasinya berada di Kaki Gunung Gede pangrango. Kereta gantung ini merupakan salah satu wahana yang akan dibangun PT Eigerindo MPI di kawasan Eiger Adventure Land Megamendung Puncak Bogor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *