Kota Bogor Porak Poranda

Kota Bogor dilanda bencana
Salah satu kawasan di Kota Bogor yang dilanda bencana banjir

BOGOR – Hujan deras yang menghujam Kota Bogor sejak Jumat (15/7/2022) sore menimbulkan belasan bencana di sejumlah titik. Berdasarkan data yang dirangkum Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, terdapat 10 titik lokasi banjir yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan.

Kepala BPBD Kota Bogor, Theo Patrocinio memaparkan bencana banjir di antaranya terjadi di Perumahan Green View, Kecamatan Bogor Barat, Taman Sari Persada, Kampung Pabuaran RT 2 RW 3, Kelurahan Cibadak, dan RT 3 RW 11, Kelurahan Tanah Baru.

Bacaan Lainnya

Selain itu, banjir terjadi di RT 1 RW 1 Kelurahan Margajaya, dan RT 3 RW 8 Kelurahan Semplak. Banjir juga menerjang 2 Komplek di Kecamatan Tanah Sareal yakni Komplek Bukit Cimanggu City dan Komplek Bukit Mekarwangi Residence.

Banjir juga dirasakan warga di RT 3 RW 6 Kelurahan Kencana Tanah Sareal, dan RT 4 RW 16 Kelurahan Tegalgundil, Kecamatan Bogor Utara.

“Hujan deras juga menyebabkan bencana tanah longsor yang terjadi di Kampung Got, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, RT 3 RW 1 Kelurahan Cibadak, serta RT 1 RW 3 Kelurahan Semplak,” jelasnya.

Bencana longsor lain terjadi di Kampung Munjul RT 2 RW 6 Kelurahan Kayu Manis, RT 2 RW 1 Kelurahan Genteng, dan Kampung Jawa RT 2 RW 7 Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat.

Tak berhenti di situ, bencana lain menimpa warga yakni bangunan roboh di wilayah RT 1 RW 3, RT 3 RW 7 Kelurahan Kedung Halang, serta di Gang Pancoran RT RT 3 RW 8 Kelurahan Semplak.

Bangunan di RT 5 RW 8 Kelurahan Cibukuh Bogor Utara juga ikut roboh akibat hujan lebat yang terjadi. Selain itu, tembok rumah warga di RT 5 RW 4 Kelurahan Kayu manis juga turut jebol.

“Tingginya curah hujan yang terjadi mengakibatkan jebolnya tanggul di SMK Ibnu Sina di Jalan Curug Induk RT 5 RW 10 Kelurahan Semplak,” papar Theo.(cr1/RADAR BOGOR)

Pos terkait