DPRD Kabupaten Bogor Dorong Semua Guru Honorer Diangkat PPPK

Guru honorer
Ilustrasi

CIBINONG- DPRD Kabupaten Bogor mendorong ribuan guru honorer yang telah lulus batas nilai minimal (passing grade), segera diangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Yang diangkat tahun ini sekitar 1.500, kita sudah berikan surat rekomendasi untuk dikirim ke Plt Bupati agar memaksimalkan,” ujar Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor, Ridwan Muhibi usai menggelar rapat audiensi bersama Dinas Pendidikan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Selasa, (12/7/2022).

Bacaan Lainnya

Ridwan mendorong, agar sebagian guru honorer yang belum diangkat di tahun ini, dapat segera diangkat di tahun 2023 nanti.

“Kalau bisa 2023 diajukan semua, jangan nunggu sampai 2024. Saya yakin pemerintah daerah bisa, DAU (Dana Alokasi Umum)nya kan 1,8 triliun dari pusat,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah memastikan akan terus mendorong ribuan guru honorer yang ada, segera diangkat menjadi PPPK.

Meski dirinya menyadari, pengangkatan PPPK disesuai dengan kuota formasi yang ditetapkan Pemkab Bogor berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Juga kemampuan anggaran pemerintah daerah untuk mengangkat dan membiayai PPPK baru.

“Untuk PPPK, kan bukan hanya untuk dinas pendidikan, ada dari dinas kesehatan dan lain-lain, maka kami tahu diri dengan kemampuan APBD,” tutur Juanda.

Namun demikian, pihaknya berharap 3.039 guru honorer yang telah lulus passing grade, dapat segera diangkat.

“Mereka tinggal menunggu waktu, kita sudah usulkan kebutuhan ini, mungkin tahun depan ada penganggaran untuk PPPK baru,” harapnya.(cok/mg1/RADAR BOGOR)

Pos terkait