DLH Kota Bekasi Bebersih Kali, Antisipasi Banjir

Banjir luapan kali Bekasi
Banjir luapan kali Bekasi di wilayah Bekasi Utara. (ist)

BEKASI – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi terus melakukan upaya pembersihan sampah pada aliran kali.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi di Kota Bekasi.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana menjelaskan, terkait kesiapan itu, pihaknya telah melakukan apel siaga bersama seluruh stakeholders dan juga para SKPD terkait.

“Kami dalam rangka mengantisipasi musim penghujan, kemarin sudah ada apel siaga. Apel siaga itu semua stakeholder hadir dari masyarakatnya, dari kita pemerintah dari SKPD, SKPDnya LH, dari BMSDA kemudian dari BPBD, semua lengkap,” kata Yayan, Minggu (31/10/2021).

Menurutnya, pihaknya telah siap untuk mengantisipasi terkait masalah sampah ketika musim penghujan tiba. Untuk itu kegiatan rutin pembersihan sampah di bantaran kali, maupun aliran kali pun terus dilakukan.

“Kalau terkait dengan LH ya kami sama, pembersihan kali, pembersihan saluran, kami sama-sama, terutama BMSDA untuk sama-sama mengerjakan sampah-sampah yang ada di kali, sampah yang menyumbat,” terangnya.

Yayan berharap banjir yang terjadi pada 2020 lalu tidak terulang pada 2021 ini. Sebab menurut Yayan pihaknya cukup kewalahan terkait penanganan sampah yang terbawa arus saat banjir di aliran kali. Apalagi armada yang dimiliki Dinas LH cukup terbatas.

“Kalau armada kita memang terbatas, kalau nanti misalnya musim penghujan. Walau kita berdoa jangan sampai ya seperti Januari 2020, itukan banjir besar sampai hampir 3 bulan beres-beresin. mudah-mudahan tidak seperti itu,” demikian dia. (dil) –

Pos terkait

Tinggalkan Balasan