Samades Cipanas Siap Bantu Pengesahan Pajak Kendaraan Bermotor

  • Whatsapp
Samades-Cipanas
Sejumlah wajib pajak tengah melakukan pembayaran administrasi kendaraannya di Samades Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

CIANJUR – Pengesahan pajak kendaraan bermotor di wilayah Utara Cianjur kini lebih mudah dan dekat. Proses tersebut dapat dibantu oleh Samsat masuk desa atau Samades, yang berada di halaman kantor Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Petugas Pelaksana Pelayanan Samades Cipanas, Aiptu Enang Soleh Somantri mengatakan, upaya memberikan kemudahan serta mendekatkan pelayanan bagi masyarakat telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir hingga kini.

Bacaan Lainnya

Untuk jadwal Samades pun, lanjutnya, dibuka mulai Senin hingga Jum’at. Dari pukul 09.00 pagi hingga 13.00 Wib. Termasuk Jum’at dimulai pukul 09.00 Wib hingga 11.00 WIB.

“Kami buka pelayanan setiap hari, kecuali Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional. Jadwalnya pun sudah tertera di setiap banner dan media sosial Samsat Cianjur,” ujarnya saat ditemui di Desa Cipanas, Rabu (22/9/2021).

Adanya pelayanan pengesahan atau perpanjangan pajak kendaraan di wilayah Cipanas ini tentu diharapkan bisa lebih memudahkan warga untuk melakukan pembayaran wajib pajak. Terlebih, Samades ini telah bisa mengcover warga di tiga kecamatan, diantaranya Cipanas, Sukaresmi, dan Pacet.

“Jadi khusus di Samades ini kami hanya melayani pengesahan pajak kendaraan. Adapun untuk ganti kaleng atau plat nomor serta bea balik nama atau BBN, itu diarahkan ke Samsat langsung yang berada di wilayah Karangtengah Cianjur,” jelasnya.

Ia bersyukur, keberadaan Samades yang merupakan satu-satunya di kabupaten Cianjur ini telah mulai dirasakan masyarakat khususnya yang ada di wilayah Utara Cianjur. Bahkan ia menyebut, dalam satu pekan, antusias warga dalam membayar pajak kendaraan melalui Samades bisa mencapai 50 persen dari berbagai wajib pajak.

“Jadi ramainya itu kalau Senin dan Kamis bisa mencapai 60 wajib pajak, sedangkan Selasa Rabu dan Jumat, itu antara 35 hingga 40 wajib pajak yang datang ke sini. Itupun hampir didominasi oleh wajib pajak kendaraan roda dua,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *