Ribuan Ikan di Waduk Cirata Mati

Waduk Cirata Jangari
Waduk Cirata Jangari

CIANJUR – Ribuan ikan di Waduk Cirata mengalami kematian. Kejadian tersebut sudah satu minggu sebelumnya, kematian ikan diketahui pada Minggu (26/9) di blok Coklat. Ternyata, bukan hanya satu blok, kejadian tersebut menimpa lima blok kolam jaring apung.

Kejadian tersebut dikarenakan faktor cuaca hujan deras dari hilir yang disebut up welling dan mengakibatkan ikan mabok kekurangan oksigen. Rata-rata ikan tersebut sudah masuk masa panen.

Bacaan Lainnya

“Kalau cuacanya terus-terusan hujan dan enggak ada matahari, itu sering setiap hari tapi enggak total mati hanya kekurangan oksigen saja,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Cianjur, Hendrawan.

Lanjutnya, kejadian tersebut sudah menjadi tahunan. Kematian ikan diperkirakan terjadi sekitar bulan November-Desember dikarenakan angin dari Selatan.

“Iya diprediksi bakal berlanjut hingga akhir tahun, karena adanya angin dari Selatan. Total mati semuanya,” paparnya.

Selain itu, kondisi cuaca diperparah dengan menyusutnya debit air hingga 20 meter. Terlebih saat ini waduk Cirata sudah dangkal dan bercampur lumpur dan juga terdapatnya eceng gondok yang menghambat oksigen ikan. (kim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *