Pergerakan Tanah Campaka,Tiga Rumah dan Satu Pabrik Rusak

  • Whatsapp
pergerakan tanah
Petugas BPBD Kabupaten Cianjur tengah memeriksa lokasi terjadinya longsor atau pergerakan tanah. (Foto BPBD For Radar Cianjur)

CIANJUR – Pergerakan tanah kembali terjadi di tiga kampung yakni Kampung Cikekep, Ciranca dan Cimapag Desa Cidadap Kecamatan Campaka pada Minggu (26/9) sekitar pukul 21.30 WIB. Sebelum kejadian, wilayah Kecamatan Campaka diguyur hujan deras sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.15 WIB.

Hujan deras tersebut mengakibatkan pergerakan tanah atau tanah longsor di beberapa kampung Desa Cidadap.

Di lokasi pergerakan tanah terjadi retakan di lingkungan pemukiman warga Kampung Cikekep Rt06 Rw03 Desa Cidadap sepanjang kurang lebih 100 meter, lebar retakan kurang lebih 30 sentimeter dan amblas kurang lebih 25 sentimeter.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan.

Korban jiwa tidak ada, kerusakan rumah dan bangunan lain. Beberapa rumah warga telah rusak dan retak-retak pada bangunan rumahnya. Jumlah yang terdampak tiga rumah dan satu Pabrik Padi,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, jumlah total terancam enam rumah dan beberapa warga mengungsi ke rumah saudara atau tetangga sebanyak dua KK atau tujuh jiwa.

“Ada jalan lingkungan di Kampung Ciranca Rt05 Rw04 Desa Cidadap amblas atau putus sepanjang 30 meter lebar satu meter. Tidak bisa dilalui oleh kendaraan Roda dua,” paparnya.

Pihak BPBD Kabupaten Cianjur langsung melakukan asessment ke seluruh lokasi kejadian bencana pergerakan tanah atau longsor, berkoordinasi dengan pihak aparat desa, Retana serta warga setempat, memberikan imbauan kepada warga setempat agar meningkatkan kesiapsiagaan serta selalu waspada, evakuasi warga pengungsi yang rumahnya terdampak atau rusak karena membahayakan dan pihak aparat desa memberikan bantuan sembako kepada warga pengungsi.

“Kondisi saat ini warga setempat siaga dan waspada dalam menghadapi cuaca yg tidak menentu, warga yg rumahnya terdampak atau rusak sudah mengungsi ketempat yg aman.

Secara keseluruhan situasi dan kondisi saat ini aman terkendali. Aparat desa dan muspika memantau terus lokasi yang terjadi pergerakan tanah atau tanah longsor di wilayah Desa Cidadap bersama-sama dengan Retana Kecamatan Campaka,” jelasnya.

BPBD Kabupaten Cianjur hingga saat ini terus memantau kondisi lapangan yang dikhawatirkan terjadinya pergerakan tanah susulan. (kim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *