Pembangunan Jalur Puncak II Diklaim Sudah 30 Persen

  • Whatsapp
alur Puncak II
Sejumlah pekerja tengah membangun Jalur Puncak II di wilayah Kampung Sindangsari Batulawang, dengan cara betonisasi. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

CIANJUR – Progres pembangunan akses jalur Puncak II yang dimulai dari Kampung Sindangsari menuju perbatasan Bogor yakni di Kampung Cidaweung Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, hingga saat ini sudah mencapai sekitar 30 persen.

Pelaksana Lapangan, Ana Mutaqin saat ditemui radarcianjur.com menuturkan, proses pembangunan khususnya dari perusahaan yang memenangkan tender di lokasi dekat perbatasan Cianjur-Bogor ini tak pernah terhenti sejak hampir sebulan terakhir. Bahkan pengerjaannya sudah mencapai 30 persen.

Bacaan Lainnya

“Kalau dari perusahaan yang kami kerjakan mulai dari Kampung Sindangsari ke Cidaweung, Desa Batulawang sudah sekitar 30 persen pengerjaannya. Bahkan diperkirakan hingga November 2021 mendatang bisa selesai,” kata dia.

Dengan estimasi tersebut, pihaknya mendapat tender proyek jalur Puncak II sepanjang 3,7 kilometer itu senilai kurang lebih Rp 6 Miliar rupiah.

“Yang kami kerjakan itu berukuran panjang sekitar 3700 meter dengan tinggi 20 centimeter, dan lebar jalan 5 meter,” jelasnya.

Secara umum, proses pengerjaan pun hingga kini tak begitu banyak hambatan. Namun yang paling krusial adalah faktor cuaca dan lokasi jalan termasuk ketahanan tanah.

“Kalau di lapangan seperti ini paling faktor cuaca saja kang. Soalnya di lokasi ini kan kontur tanahnya licin dan kurang stabil. Makanya itu yang paling kami khawatirkan. Tapi sejauh ini, alhamdulillah lancar,” kata dia.

Adapun pekerja proyek secara keseluruhan, lanjut Ana, sebanyak 75 orang, termasuk pelaksana, pemasangan batu, pengecoran dan pengatur lalu lintas yang dibantu warga sekitar.

“Untuk pekerjanya sendiri kami libatkan pula warga sekitar di Desa Batulawang. Termasuk orang-orang yang ikut mengatur lalulintas,” kata dia.

Sebelumnya, jalan alternatif yang menghubungkan Cianjur-Bogor di Jalur Puncak II wilayah Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, sejak beberapa pekan terakhir sudah mulai dibangun oleh dinas terkait melalui pengembang dengan anggaran Bantuan Provinsi atau Banprov.

Pembangunan jalan yang membentang sekitar 13 kilometer itu dilakukan dengan cara betonisasi atau cor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *