Mengenal Kadiskoperindagin Cianjur, Sarat Akan Pengalaman Memimpin

Drs.H. Tohari Sastra, MSi
Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan dan Industri (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur Drs.H. Tohari Sastra, MSi

CIANJUR – Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan dan Industri (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur Drs.H. Tohari Sastra, MSi adalah salah satu pejabat dari sekian ASN di lingkungan Pemkab Cianjur yang telah lama malang melintang mengisi berbagai jabatan penting.

Sudah aktif dan mengisi jabatan setingkat Lurah hingga kini menjadi orang nomor satu di Dinas yang bergelut di bidang perdagangan ini masih terus bertahan meski berganti Bupati.

Bacaan Lainnya

Beberapa jabatan yang diembannya yakni sebagai Lurah solokpandan 1988-1992, Sekmat sukaluyu 1992-1995, Kasubag pemdes 1995-1997, Camat sukaluyu 1997-2001, Camat ciranjang 2001-2003, Camat cugenang 2003-2005, Camat cianjur kota 2005-2007, Kabag pemerintahan 2007-2009, Kadis DPMD 2009-2012, Staf bupati 2012 ( 7 bulan ), Kasatpolpp 2012-2014, Kepala Bappenda 2013-2015, Kadis kebersihan 2015 ( 8 bulan), Kepala BKPPD 2015- 2019, Kadis Diskoperindagin 2019 hingga sekarang.

Dibalik gaya kepemimpinannya selama bertahun-tahun ia selalu mencontohkan hal yang baik agar segala tingkah laku dapat ditiru anak buahnya.

“Untuk menjadi pemimpin yang baik berawal dari kita yang baik, bagaimana anak buah baik jika pemimpin nya tidak memberikan contoh yang baik, bahwa ucapan dan tindakan kita itu harus sama,”katanya.

Pengalaman demi pengalaman tentunya menjadi modal utama, bahkan pria yang sedari muda hobi olahraga bulu tangkis dan tenis meja ini selalu disiplin untuk selalu mendisplinkan anak buahnya dengan cara berkomunikasi lebih baik

“Tentunya kita melakukan pengawasan dengan komunikasi melalui aplikasi whatsapp secara bertahap mulai dari ke sekretaris, kepala bidang, kasi dan staff. Kita juga ada apel sebelum covid itu rutin tiap hari,”ujarnya

Selain itu ia pun sering melakukan evaluasi agar kinerja staff-staff yang berada di bawahnya lebih maksimal.

“Apel itu kan bergiliran semacam evaluasi kegiatan yang telah di laksanakan dan akan ketahuan mana yang rajin mana yang tidak masuk,”tuturnya.

Selain itu dibalik sifat tegasnya, dorongan keluarga menjadi tambahan tenaga agar selalu Fokus mengemban tugas-tugas yang telah diberikan kepadanya.

“Alhmadulillah Keluarga selalu mendukung pekerjaan saya, program-program dan kegiatan yang saya lakukan, mendoa kan yang terbaik, keselamatan dan kesuksesan
dalam melaksanakan tugas,”terangnya.

Dalam ketegasannya ia pun mempunyai dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Kuncinya kita memang harus sehat, pola makan yang bagus sesuai dengan aturan, olahraga minimal seminggu sekali serta bangun pagi,”ungkapnya.

Kinerja baik dan selalu sukses menjalankan tugas-tugas tak lepas dari slogan yang selalu do pegang dengan teguh.

“Untuk slogan intinya bekerja dengan jujur dan disiplin,”pungkasnya. (byu)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *